STUDI LAPANGAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN PRODIP 1 STAN MANADO



Tulisan ini saya dedikasikan nnti mungkin buat adik-adik kelas STAN yang akan menjalani capacity buiding dan belum ada gambaran. Semoga pengalaman kakak kelasmu ini bisa bermanfaat buat kalian.
Capacity building ini dilaksanakan tepat setelah UTS berakhir, yaitu dari tanggal 10 – 13 Desember 2013. Dari jauh-jauh hari kita tuh udah diwanti-wanti sama orang BDK mengenai penyelenggaraan capacity buiding ini.
Dari informasi-informasi yang diberikan sih kayaknya kegiatan capacity building ini menyeramkan, tapi kenyataannya yaa emang menyeramkan men…. Kita dilatih sama PASKHAS. Nah paskhas ini pasukan khususnya TNI AU. Tiap-tiap BDK itu beda-beda, ada yang dari Marinir dan ada juga yang dari Kopassus.
Di hari terakhir UTS kita dikumpulin untuk pemberitahuan terkait apa aja yang boleh dan gak boleh di bawa saat penyelenggaraan. Kita gak boleh bawa UANG sama HANDPHONE!!!!! Kalo ketahuan bakal disita cui. Ya emang, soalnya selama disana makan kita tuh ditanggung. Trus kita disuruh bawa obat pribadi buat yang ada penyakit khusus (ya masing-masing taulah kondisi pribadi). Untuk seragam tuh gak perlu takut, soalnya kita dikasih 2 seragam khusus capacity building dari STAN.

Jadi selama kegiatan, kita itu dilatih dan dibina secara semi militer. Mulai dari cara berjalan, apel tiap pagi-siang-malam, makan, sampai tidur pun diatur. Dan sumpah gak enak banget kalo gak dinikmati. Di sana kita diberikan makan tiap jam 6 pagi, jam 12 siang, snack sore jam 3, dan makan malam jam 6. Parahnyaa air minum hanya tersedia pada saat jam makan saja. Sungguh air mineral terasa sangat langka saat itu sampai-sampai kita nekat minum air keran, dan hasilnya tau sendiri sampai di rumah pada sakit perut semua.


Disana juga kita tuh rajin banget mulai dari jungkir sampai dengan guling-guling. Gulingnya juga gak nanggung-nanggung mulai dari rumput basah di malam hari sampai rumput kering tengah hari. Ada juga disuruh buka baju dan senam di tengah hari sebelum makan men. Is that all? The worst you guys gak bakalan mandi selama 3 HARI ! ! . . dan kita tuh cuman boleh pake 1 baju doang. Boleh sih ganti baju, tapi khusus untuk acara tertentu aja setelah itu baju tadi dipake lagi, sial gak sihh..



Di hari terakhir kita baru diijinkan untuk mandi. Tapi mandinya ekstrem. Kita disuruh nyebur ke sungai yang gak jelas. Lu bisa bayangin sendiri dehh! Untungnya hari itu hujan turun sangat lebat dan kita sekalian mandi hujan. Ada yang pada sabunan di depan tenda, shampoan, sikat gigi, dll. Acara hari itu berakhir dengan upacara penutupan dan foto bersama pelatih dan pihak panitia penyelenggara. Satu pesan saya untuk adik-adik kelas nanti yang bakal mengalami hal yang sama yaitu jalani aja semuanya dengan semangat dan dibawa enjoy aja. Karena kegiatannya dinikmati aja udah gak enak apalagi gak dinikmati. Buat anak-anak BC capacity building selama 4 hari gak ada apa-apanya dibandingkan SAMAPTA selama 40 hari yang KONON menyeramkan!
Sekian, semoga bermanfaat.

Baca juga : Pengalaman USM STAN part 1part 2

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING