PENGALAMAN MELALUI TAHAPAN USM STAN 2013 : PART 1


Tulisan ini saya buat setelah lolos USM STAN 2013 di Bulan September. Disini saya bakal menceritakan pengalaman melawati berbagai tes USM STAN 2013 yang mungkin akan berguna bagi adik-adik yang ingin masuk STAN. Oiya, sebenarnya sudah lulus SMA tahun 2012, tapi karena tahun itu tidak dibuka penerimaan STAN, jadinya saya nganggur 1 tahun. Syukurlah di tahun 2013 STAN kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru. Langsung aja Cekidot:

Ø  Pendaftaran
Nah, tahap pertama yaitu masalah pendaftaran. Waktu itu kita diharuskan untuk mendaftar online terlebih dahulu ( E-Registration ) melalui situs usm.stan.ac.id, tapi sebelum itu kita diharuskan untuk membayar uang pendaftaran. Besarnya Rp 150.000 dan bisa di bayarkan melalui bank. Waktu itu saya bayar di Mandiri. Tapi bisa juga di Bank lain.
Harus juga dicatat bahwa tidak bisa dilakukan pembayaran secara kolektif, jadi harus masing-masing. Nah waktu itu periode penyetoran 7 Juni – 20 Juni 2013 dan periode Pendaftaran Online 10 Juni – 20 Juni 2013.

Ø  Verifikasi Berkas dan Pengambilan BPU (Bukti Peserta Ujian)
Setelah kita selesai mendaftar Online dan sudah print BPO (Bukti Pendaftaran Online), tahap selanjutnya adalah Verifikasi Berkas dan Pengambilan BPU. Pengumuman lokasi Pengambilan keluar tanggal 23 Juni 2013. Jadi pengambilannya di bagi-bagi berdasarkan nomor Pendaftaran Online. Pada saat verifikasi, usahakan jangan sampai lupa bawa semua berkasnya karena pengalaman banyak peserta yang sering lupa seperti membawa ijazah asli dll. Nanti akan di periksa semua dokumen-dokumen kita. Waktu itu banyak yang keliru dalam mengisi pendaftaran Online terutama pada pada point nilai UAN, Jumlah nilai, Jumlah Mata Pelajaran, dll sehingga hasil di BPO tidak sesuai dengan aslinya. Tapi tidak apa-apa, bisa di laporkan ke panitia Verifikasi dan akan mereka koreksi. Setelah selesai, saya mendapatkan BPU dan denah lokasi ujian serta waktu pelaksanaan ujian tertulisnya.

Ø  Ujian Tertulis
Ini dia ujian yang paling terkenal dari USM STAN. Tahapan tes yang paling mematikan karena sebagian besar peserta akan gugur dalam tahap ini. Ujian tulisnya diadakan pada tanggal 21 Juli 2013. Kita semua di suruh datang sebelum setengah 8 pagi. Saya menggunakan setelan kemeja putih dan celana hitam kain plus sepatu pantofel. Tapi banyak juga peserta yang hanya menggunakan baju biasa. Waktu liat kiri-kanan semua peserta keliatannya siap banget, dan saya mulai merasa sedikit minder. Ada yang pada baca buku, ngobrol dengan teman, dan bahkan ada yang bengong aja. Waktu itu yang ikut tes tertulis di Manado ada 500-an orang. Oke, tes dimulai pada pukul 09.30 WITA. Saya sangat gerogi waktu itu, penasaran dengan soalnya. Tes ini ada 2 Jenis. Yang pertama adalah tes potensi akademik dan yang kedua adalah tes bahasa inggris. Untuk TPA nya berjumlah 120 soal, sedangkan bahasa inggris 60 soal. Jadi total 180 soal dengan waktu 150 menit. Untuk setiap soal yang benar bernilai 4 dan yang salah -1 sedangkan jawaban kosong nilainya 0. Waktu ujian, behhh soal sinonim dan antonym tpa-nya agak susah cui #jujur. Menjelang menit-menit akhir ujian saya tambah panik liat kiri-kanan yang lainnya pada penuh semua lingkaran jawaban mereka. Rada-rada kurang PD waktu itu. Tapi gak apa-apa, yang penting yakinlah bisa lulus. Selanjutnya kita pulang kerumah dan menunggu pengumuman hasil ujian.

Ø  Pengumuman hasil Ujian tulis
Saat pelaksanaan ujian tulis sedang berlangsung, panitia memberitahukan bahwa hasil sudah bisa di lihat tanggal 30 juli 2013 di situs stan.ac.id. tapi tanggal 30 itu sudah berkali-kali di cek malah belum keluar juga hasilnya. Sebenarnya sih di jadwal pengumumannya nanti tanggal 2 Agustus. Masih teringat waktu itu tanggal 1 agustus kebetulan sedang bulan ramadhan, selepas sahur saya iseng buka situs stan. Ehh gak tau pengumumannya udah keluar. Jreng..jrenggg….. Alhamdulillah nama saya ada di pengumuman. Total dari manado yang lulus tes tertulis adalah 8 orang dari 500-an peserta. Senang sekali rasanya waktu itu.

Comments

  1. sukses ya buat kakak yg sudah mendahului sukses... doakan saya. saya pasti menyusul.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih.
      Amin. Semoga juga kamu bisa bergabung dikeluarga STAN.
      selamat berjuang.

      Delete
  2. Kak, pengumuman STAN tahun lalu itu pagi, siang atau waktu malam?

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo. Kalo tahun lalu pengumuman sudah keluar sejak dini hari alias subuh.

      Delete
  3. Di BC juga pelajari kimia ya katanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Beljar kimia terutama ttg unsur, logam, dsb. Tapi yg pasti pelajarannya tidak se-expert fakultas kimia.

      Delete
    2. Jadi ketika verifikasi masih boleh mengubah data?

      Delete
    3. Sepertinya bisa hanya untuk point nilai Ujian sekolah, Jumlah mata pelajaran, dan UN. Pengalaman saya demikian.

      Delete
  4. kak mau nanya, kakak d1 atau d3? Terus kira2 pas kita lulus di BC berapa uang seragamnya? Makasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas ya. Saya di D1, Klo di D3 kurang tau ya, tapi kalo saya kemaren baju seragam BC sama Almamater semua sekitar 500an.

      Delete
  5. Kreen di izin share/repost ya,saya cantumkan alamat blog anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Silahkannn. Terima Kasih telah berkunjung..

      Delete
    2. Kk,saya mau tanya
      Kalau pas ujian tes pertama boleh gk pkwi celana jeans kk?
      Makasih kk

      Delete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING