SEPUTARAN BODY PAINTING



Di postingan kali ini saya mau ngebahas soal sebuah seni yang sejatinya udah lama terkenal dan ngetrend di luar, tapi baru akhir-akhir ini nge-hits dikalangan masyarakat Indonesia. Sebelumnya udah pernah denger belum tentang Body Painting? Yuppsss, seni yang saya maksudkan tadi adalah Body Painting. Bagi teman-teman semua yang belum pernah dengar, mari kita tahu lebih banyak tentang seni yang satu ini. Tapi kalau udah tahu, mari kita sharing dan saling melengkapi.
Nah, sebenarnya body painting itu apaan sih?
Body Painting adalah seni melukis dengan media kulit / tubuh manusia. Berdasarkan sifatnya nih,  Body painting dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu : Tattoo (body painting permanen)  dan Body Painting temporer. Loh kok? Jadi tattoo itu termasuk body panting ya? jawabannya iya teman-teman. Tattoo ini termasuk body painting karena tattoo dibuat dengan melukis melalui media kulit / tubuh manusia. Bedanya hanya terletak pada sifat lukisannya. Jika pada tattoo bersifat permanen, maka body painting bersifat temporer (sementara). 


 pembuatan body painting


 pembuatan tatto





SEJARAH BODY PAINTING
Nah teman-teman, body painting ini ternyata umurnya sudah lama banget loh. Soalnya body painting ini sudah dikenal sejak jaman dahulu. Orang-orang dulu sering menggunakan coretan-coreetan, gambar (yang nantinya menjadi cikal-bakal body painting) di bagian wajah dan di badannya juga untuk keperluan berburu, ritual adat, keagamaan dll. Ada sumber mengatakan bahwa body painting ini semula digunakan oleh suku-suku primitive di kawasan afrika, Australia, new zaeland dan kepulauan pasifik. Bahkan nih teman-teman, di India ada seni body painting sendiri yang disebut mehndi yang dibuat dengan cat henna. Nah, mehndi ini seringkali digunakan dalam ritual / upacara – upacara adat yang masih dilakukan  hingga sekarang. Biasanya nih teman-teman, mehndi ini diaplikasikan pada bagian tangan dan kaki pada upacara pernikahan. Di Indonesia sendiri bentuk dari body painting masih bisa ditemukan pada masyarakat papua yang menggunakan lukisan-lukisan pada wajah  dan tubuhnya ketika akan berperang dan ketika melakukan tarian-tarian adat. 


 mehndi di india

salah satu masyarakat suku papua

PERKEMBANGAN BODY PAINTING
Teman-teman, kabarnya nih bahwa body painting mulai booming sekitar tahun 1960-an gitu, atau mungkin bisa jauh sebelum 1960-an. Dapat dari salah satu sumber nih teman-teman, ada seorang make-up artist dalam event world’s yang diselenggarakan di Chicago tahun 1933 silam, namanya maximilian faktorowichz dibekuk polisi saat itu karena memperagakan body painting. Dia ditangkap karena dianggap mempertontonkan aksi nudis (telanjang) sang modelnya itu saat pembuatan body painting.
Perkembangan body painting kemudian semakin naik seiring semakin dikenal oleh masyarakat. Kira-kira sekitar tahun 60-an perkembangan body painting semakain tinggi. Bahkan ada beberapa artis nih yang menjadi model body painting. Seperti demi moore di tahun 1992 dalam majalah vanity fair.  Di Indonesia sendiri, body painting ini baru dikenal beberapa tahun belakangan. Nah, seny body painting ini  memang terlihat nudis, vulgar kalau dilihat dari berbagai dokumentasi mengenai body painting. Jadi tergantung kita sendirilah bagaimana cara memandangnya, apakah anda melihat nudisnya atau seni dibalik nudisnya. Ya memang, kebanyakan kita pasti ngelihat dua-duanya. So, buat kamu yang ingin mencoba menjadi tattoo hidup, silahkan aja coba body painting. Tapi ingat yaa, harus diperhatikan bagian tubuh mana yang akan di beri lukisan tersebut. Selain tempat penyaluran bakat seni, body painting juga bisa mengasah kreativitas kita lho. Jadi selamat mencoba.





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO