PENGALAMAN MELALUI TAHAPAN USM STAN 2013 : PART 2



Ø  Tes Wawancara
Tahapan selanjutnya adalah tes Kesehatan-kebugaran dan wawancara. Waktu itu kita yang dari manado harus ke Makassar untuk bisa mengikuti tahapan ini. Seingat saya semua yang dari Indonesia timur di pusatkan di Makassar. Tes ini dilaksanakan pada periode 14 – 24 agustus 2013. Kita di Makassar sendiri dapat giliran tanggal 20 – 21 agustus. Jadinya tanggal 19 capcuss deeh ke Makassar. Sempat deg-degan juga menjelang wawancara. Pas sampai di lokasi sekitar jam 7 pagi, langsung ambil nomor antrian. Sambil mengantri saya sempat juga ngobrol dengan peserta lain. Dapat informasi bahwa dari makassar dari 3000-an peserta tapi yang lulus tes tertulis cuman 137 orang, kemudian dari palu 11 orang.
Kita yang dari manado dapat jadwal wawancara terlebih dahulu kemudian dilanjutkan kesehatan dan kebugaran besoknya, tapi ada juga sebagian yang dapat kesehatan dan kebugaran lebih dulu. Setelah berjam-jam menunggu akhirnya giliran saya di panggil. Sampainya di dalam saya tidak langsung di wawancara. Tapi kita disuruh isi kuisioner dulu. Kuisioner itu isinya semacam biodata lahh. Hanya menanyakan tentang diri kita sendiri, seperti :
·         Nama lengkap
·         3 pendidikan terakhir
·         Prestasi yang pernah diraih
·         Pengalaman organisasi
·         Kelebihan pada diri kamu
·         Hal yang ingin dikembangkan
·         Kemampuan computer, dll
Saat mengisi kuisioner sebaiknya kita isi dengan jujur jangan di tambah atau dikurangin. Karena isi kuisioner inilah yang nanti bakal di tanyain sama si pewawancara. Setelah menunggu kira-kira 15 menit, kita di suruh langsung masuk ke ruangan yang telah ditunjuk. Didalamnya sudah menunggu sang pewawancara. 1 orang dihadapkan pada masing-masing pewawancara. Waktu itu saya dapat sama seorang bapak-bapak #lupanama.
Sebelum mulai wawancara, bapaknya bilang kalau wawancaranya akan direkam. Lalu dia mulai menanyakan tentang apa yang saya tuliskan di kuisioner. Kalau kamu jujur dalam pengisiannya, kamu pasti bisa jawab dengan mudah. Selanjutnya dia menanyakan beberapa pertanyaan seperti :
·         - Tau tentang STAN darimana?
·         - Kenapa mau masuk STAN?
·         - Pernah ikut Bimbel?
·         - Pernah nyontek waktu di SMA?
·         - Masalah apa yang pernah di dapat waktu mengikuti organisasi?
·         - Bagaimana cara menyelesaikannya?
·         - Persiapan apa yang dilakukan waktu mau masuk STAN?
·         - Jelasin tentang kelebihan kamu
Dan masih banyak lagi yang ditanyakan. Pokoknya jangan khawatir karena yang ditanyakan seputaran diri kamu, jadi jawab jujur aja. Oiyaa, waktu wawancara atur juga sikap duduknya yang sopan. Pastikan kemeja sudah rapi, nafas masih wangi, dan wajah terlihat segar. Waktu wawancara, gunakanlah kemeja putih polos dan celana kain hitam serta sepatu pantofel. Karena ada teman saya dia menggunakan kemeja biasa dan akhirnya harus pulang ganti baju. Kira-kira 15 menit wawancara pun selesai. Waktu mau keluar saya salaman dulu dengan bapak pewawancara supaya terlihat sopan. Selanjutnya pulang dan mempersiapkan diri untuk tes Kesehatan dan Kebugaran besoknya.


Ø  Tes Kesehatan dan Kebugaran

Tes selanjutnya setelah wawancara adalah kesehatan dan kebugaran. Yang pertama kita akan di tes kesehatannya dulu baru kalau memenuhi syarat, maka dilanjutkan dengan kebugaran. Sekitar jam 7 pagi saya sudah di lokasi tes dengan menggunakan kaos putih polos dan celana training serta sepatu olahraga. Sama seperti saat tes wawancara, kita ambil nomor antrian dulu. Setelah itu di panggil ke dalam untuk di periksa kesehatannya. Dalam tes ini tidak ada tes rontgen, tes urine, tes perawan, dll. Yang di tes Cuma tensi darah, mata, THT, terus ditanya sama si dokter riwayat penyakit yang pernah diterima. Nah setelah tes kesehatan selesai, saya dikasih lembaran kertas rekomendasi kalau bisa lanjut ke tes kebugaran. Lanjut ke tes kebugaran yang di laksanakan di lapangan sepak bola di BDK Makassar. Nah, disana kita diberi instruksi untuk tahapan tesnya. Jadi yang pertama kita harus lari mutar lapangan sepak bola selama 12 menit non-stop. Tidak ada patokan berapa putaran dari si instruktur. Tapi ya harus sebanyak-banyaknya. Satu putaran lapangan waktu itu kurang lebih 325 meter. Usahakanlah dapat 5 putaran. Sebelum kita lari, disuruh pemanasan dulu, kebetulan waktu itu saya yang pimpin pemanasan. Setelah itu baru mulai lari setelah ada komando dari instruktur. Saat lari, saya lihat teman saya yang satu langsung kebut.. wuiihhhhh ajaibb ni anak. Sampai kira-kira 3 putaran, saya liat dia masih yang tercepat. Pikir saya dia pasti yang nilainya paling tinggi. Saya sendiri larinya gak cepat-cepat amat. Yang penting konstanlah, dan Alhamdulillah bisa dapat 7 putaran lebih sedikit. Dan tau gak, setelah di cek ternyata teman saya yang ajaib tadi cuman dapat beberapa putaran saja. Tips buat teman-teman semua supaya kalau lari gak usah terlalu cepat, yang penting konstan dan harus latihan dari jauh-jauh hari.


Setelah lari 12 menit keliling lapangan, kita disuruh istirahat dulu kira-kira 10 menitlah. Abis itu lanjut dengan lari shuttle run (lari membentuk angka 8). Jadi waktu itu ada 2 tiang yang terpisah beberapa meter #lupa. Kita disuruh lari 3 putaran dan dilihat berapa waktu yang kita dapat untuk 3 putaran tersebut. Saya sendiri dapat 3 putaran 19 detik.
Dan selesailah semua tahapan USM STAN 2013. Semoga Bermanfaat

silahkan baca artikel sebelumnya Pengalaman Melalui Tahapan USM STAN 2013: Part 1

Comments

  1. misal dah lolos tahap 1 di tahap ni mesti lolosnya gak kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya harus lolos. Lolos tes tahap 2 juga syarat kamu agar lulus USM STAN.

      Delete
    2. maksudnya di tahap ini ada kemungkinan gugur?

      Delete
    3. Iya dong. kemaren yg ggur tes tahap 2 sekitar lebih dari 800 orang.

      Delete
  2. bang tegar tau kriteria / alasan yang gugur itu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh maaf. saya tidak tau standar penilaiannya karena kita tidak diberitahukan kurang dibagian mana waktu tes kemaren.

      Delete
    2. Kalau misal untuk tes lari 12 menit itu ditargetkan 2500 m kira-kira kurang apa tidak ya?

      Delete
    3. kyknya segitu bisa. tapi lebih juga makin bagus

      Delete
  3. Kak, kalo yang cewek, pas wawancara pake apa kak? Kemeja putih juga kah? Pake rok?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. sebaiknya pake kemeja putih sama rok kain hitam,

      Delete

  4. kak tolong pencerahannya.... pas wawancara contoh jawaban buat pertanyaan "apa kelebihan anda" itu gimana enakx biar jwbanx gag terlalu sombong ? trims

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut saya bilang aja semua kelebihanmu. Gak usah takut sombong, asal nada bicara kamu yg sopan sama kelbihanmu tadi bisa kamu pertanggungjawabkan. Soalnya jawaban dari kelebihan kamu nnti bakalan di kejar terus sama pewawancara.

      Delete
  5. kak pilihan pertama saya kan D-3 pajak. mohon petunjuknya "alasan anda memilih jurusan pajak" ? thanks....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuma saran saja. Kalau menjawab pertanyaan, dijawab dengan realistis. Jangan jawaban basi yg mengambang2. Misalnya ada keluargamu yang kerja di pajak, jawab aja supaya sama dengan keluarga, atau spya cepat dpet kerja, bisa juga suka menghitung, dll.

      Delete
  6. kak shuttle run itu batas maximalx berapa detik ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya saya agak lupa, tapi kalau tidak salah kita disuruh lari 3 putaran secepat mungkin. Nanti akan dilihat bahwa 3 putaran tadi kita dapat berapa detik

      Delete
  7. kak nanti kan disuruh ngisi bahasa asing & keahlian komputer di formulirx. trus kalau itu diisi, nanti ditanyai ngag sama pewawancarax ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pengalaman saya kemarin sih gak ditanyain. Tapi gak tau sama pewawancara lain.

      Delete
  8. bang prospek perpajakan itu kemana ?

    ReplyDelete
  9. Kak Tegar, saya kan gag punya pengalaman organisasi dan prestasi. kira2 nanti ditanyai apa aja sama pewawancarax ? makasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau ya tolak ukur yg sekarang, Tapi kalo memang gak punya pengalaman organisasi, Paling ditanyain kegiatan kamu apa aja wktu sekolah sama di rumah.

      Delete
  10. kak yang dimaksud nilai-nilai kemenkeu itu apa ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nilai nilai kemekeu itu nilai2 yg diterapkan dilingkungan kerja. ada 5 nilai nilai Kemenkeu,
      Integritas , Profesionalisme, Sinergi, Pelayanan, Kesempurnaan

      Delete
  11. kak tolong jelasin dong pas waktu wawancara gimana cara ngejawab prtanyaan biar kita dianggap memiliki nilai2 kemenkeu (integritas, profesional, sinergis, pelayanan, kesempurnaan) ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gimana ya? Kamu pahami aja apa maksud dari integritas, profesionalisme, dll. Terus kaitkan dengan kehidupanmu sehari hari

      Delete
  12. Ka Tegar, klo kuisioner yg kemampuan komputer isinya gmn?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di isi aja kemampuan komputer dasar seperti pengoperasian Office seperti word, excel, power point, internet dll

      Delete
    2. Oh, ok.. Thank you ka :)

      Delete
  13. kak kalau ditanyain alasan pernah nyontek enaknya dijawab gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya jawab aja. Kamu pernah nyontek apa enggak? kalo pernah bilang aja pernah. Gak masalah kok. malah yang mau dilihat itu kejujuran kita waktu wawancara.

      Delete
  14. Ka tegar, nanya lagi yah.. Hehe
    Kalo udah slesai tes, pngumumannya lngsung diumuin pas kelar, atau bbrp hari stelah tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gppa kok. Pengumuman biasanya beberapa minggu setelah ujian selesai.

      Delete
  15. kak berat badan harus ideal kalu ridak ideal/kurus bgaimana kak??? berpengaruh atau tidak kak???

    ReplyDelete
  16. kak, untuk hal yang ingin di kembangkan itu gimana jawab enaknya yah?
    sama pengumuman kelulusan tes wawancara dn kebugaran fisik itu kapan yah? pas angkatan kaka selang brp hari?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kamunya mau ngembangin apa? Skill apa yang paling suka kamu tingkatkan?
      Pengumumannya selang kalo wktu lalu selang berapa minggu dari tesnya

      Delete
  17. Salam kak. kak mau tanya, yang hardi persiapkan untuk tes tertulis itu apa aja ya? terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tes tulisnya ya rajin2 aja belajar. Kan bertaburan tuh soal2 usm stan di internet. pelajari aja. soalnya gak jauh2 beda kok.

      Delete
  18. kak sbnernya msuk STAN itu susah ap tidak?

    ReplyDelete
  19. Kak.. gigiku ada gingsulnya.. apa masih bsa masuk stan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tidak ada masalah menurutku.

      Delete
    2. Tapi apa waktu tes kesehatan gk ada pengecekan gigi?

      Delete
  20. Kakak, tangan ku pernah dijahit dan bekas nya masih ada, menurut kakak itu gpp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gppa kok kalo cuman bekas luka. ga bakalan ngaruh. hehe

      Delete
  21. Kak mata saya minus 12 kira kira bisa di toleransi gak ya?-_- tapi gak buta warna parsial sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo untuk masalah mata setau saya batas toleransi untuk Jurusan Bea Cukai 3. Tapi kalo untuk jurusan lain gppa. hehe

      Delete
  22. kak, bagi yang mengenakan jilbab selama seleksi boleh mengenakan jilbab atau tidak ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gppa. Jilbab kan masalah keyakinan. Ga mungkin dilarang kok.

      Delete
  23. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  24. Kak makasih ya artikelnyaa ngebantu bgt, tgl 15 ini aku tes tahap kedua mohon sekalian doanya biar bisa nyusul masuk stan :D

    ReplyDelete
  25. kak tahun ini, 2015, ada tes wawancara juga gak ya? cz di pengumumannya cuma tes kesehatan dan kebugaran. makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah kalo ada apa enggak saya kurang tau, soalnya saya udah lulus. hehehe. Tapi ya coba persiapan aja. Tahun ini juga tahun pertama sejak STAN berubah jadi PKN STAN, jadi angkatan 2015 adlah angkatan pertama. Sran saya sih dipersiapkan aja.

      Delete
  26. Kak tes kesehatan stan itu ga ada tes keperawanan nya ya?

    ReplyDelete
  27. kak kalo tingginya kurang 5 cm gak ada toleransi kah?

    ReplyDelete
  28. enggak apa2 kok buat jurusan laen. kalo kalo di jurusan bea cukai kayaknya agak berat deh

    ReplyDelete
  29. Kak, sekolah di stan itu setelah lulus langsung jadi pns ya? Atau tetep harus ikut tes cpns?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enggak ada yng instan jadi PNS. Untuk jadi PNS harus jadi CPNS dulu. Lulusan STAN pun beberapa angkatan terakhir wajib mengikuti TKD (Tes Kemampuan Dasar) setelah lulus untuk menjadi CPNS. tapi untuk Tahun ini kabarnya TKD diadakan bersamaan dengan USM

      Delete
  30. jadi kalo kita lulus tes tkd berarti nanti lulus dari stan udah jadi PNS gitu kak?

    ReplyDelete
  31. Oh okee. Makasih banyak ka infonya☺

    ReplyDelete
  32. Kak saran utk tes kebugaran, cewek bagusnya minimal berapa putaran kak? makasih kak

    ReplyDelete
  33. kak mau tanya. untuk tes lari, penilaian untuk laki-laki dan perempuan apa benar disama ratakan? maksudnya ngga ada ketentuan minimal untuk laki-laki atau untuk perempuan. makasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  34. Kak, buka baju gak waktu tes kesehatan?

    ReplyDelete
  35. Kak, buka baju gak waktu tes kesehatan?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING