PENGALAMAN SAMAPTA BEA CUKAI ? HAL YANG PERLU DISIAPKAN

 bokong-bokong kesel

Teruntuk kelen mahasiswa/i PKN STAN spesialisasi Bea Cukai, CPNS Bea Cukai atau yang bercita-cita jadi pegawai Bea Cukai.

SAMAPTA is Real gaess.

Jadi balek dulu kita bahas samapta itu apa sebenarnya dan emang pentingkah? Sebenarnya samapta itu adalah salah satu diklat (pendidikan dan pelatihan) wajib bagi seluruh pegawai Bea Cukai. Bukan cuma PNS Bea Cukai aja sih, tapi berhubung saya pegawai BC so kita fokuskan di instansi ini aja yaah. Seluruh pegawai DJBC wajib hukumnya samapta. Diklat samapta ini adalah diklat untuk mempersiapkan mental dan fisik para pegawai BC agar siap terjun di dunia kerja nyata. Ya ini sehubungan tugas dan fungsi BC yang antara lain adalah menjaga wilayah indonesia dari masuknya barang-barang haram ke Indonesia dan ini mengharuskan adanya pegawai BC di daerah perbatasan dan kadang berhadapan langsung dengan para penyelundup. Sangat beresiko. Selain itu juga untuk memastikan pegawai siap secara mental apabila dalam pelaksanaan tugas sehari-hari terdapat kesulitan-kesulitan yang kita tidak pernah tau akan seperti apa.

Nah dengar-dengar nih kan samapta ini sangat tidak menyenangkan ya. Banyak juga yang malah ketakutan duluan karena termakan omongan senior-senior hahahaha. Benar ga sihh? yaaa menurut saya pribadi bisa ya bisa tidak hahahaha. Kenapa? Let me explain

 kapan lagi bisa renang rame-rame. Enakkan?

ENAKNYA ADALAH

1. Karena sudah melalui diklat ini, jadi terasa enak. Ya apalagi saat reuni dengan teman-teman. Sangat seru mengenang momen-momen saat samapta.
2. Kita bisa ketemu dengan teman-teman baru yang seru-seru. Sumpah. Samapta akan menyatukan orang-orang yang awalnya tak saling kenal, saling cuek bahkan saling bermusuhan. Kalian akan lengket bak saudara selama samapta ini. Karena memang tidak ada pilihan lain. Together or die.
3. Kita akan lebih mengenai diri kita lebih baik. Gengg saat samapta kita akan di push to our limit (but of course ga kayak militer). Sifat dan karakter asli kita akan kelihatan. Bagaimana kita mengatasi pressure yang selama ini kita tidak terbiasa akan hal tersebut, bagaimana kita bisa survive selama 5 minggu.

GA ENAKNYA ADALAH

Hmmmmm, ya yang kalian dengar-dengar itu lah semua ga enaknya. Menurut pendapat ane, ga enaknya itu karena sebetulnya kita belum terbiasa aja. Seperti orang yang jarang olahraga kemudian dipaksa untuk nge-gym. Ya akan terasa berat, capek, sakit di awal-awal. Tapi akan terbiasa dan bisa menyesuaikan. Begitu juga samapta gaes. Ya ga enaknya paling karena semua-mua gerakan kita harus serba disiplin, bangun subuh buat olahraga pagi, push up, lari pagi siang-sore malam. Itu-itu aja sih yang sering dikeluhkan sebenarnya.

So, tanpa basa basi lagi let us jump into it. HAL YANG PERLU DISIAPKAN MENJELANG SAMAPTA

1. Fisik / Kesehatan


Nah ini adalah bagian paling pentingnya gengs. Hampir seluruh bagian di samapta ini selalu berhubungan dengan fisik. Mulai dari hari pertama abis upacara pembukaan aja kemaren angkatan kami dibantai abis-abisan huhuhuhuhu. Jungkir depan jungkir belakang,merayap dah biasa. Ampun lahh. So untuk mempersiapkannya kalian harus udah latih fisik kalian. Ya gaperlu latihan keras kayak atlit, tapi ya minimal ketika nanti kalian ga kaget dan ga malu-maluin gaess. Masa iya nanti kalah sama cewek?

2. Mental

 aqu taq tahan lage

Yang gak kalah penting ini gaes. Selain fisik, mental kita akan ditempa dan dibina. Kalian akan mendapatkan tekanan yang lumayan menyiksa kadang-kadang. Bayangin aja 5 minggu bersama TNI coii. TNI... Ada yang dapat Kopassus (AD) ada yang dapat Kopaskhas (AU). Kalian bisa bayangin kan jenis tentara seperti apa mereka hihihihi. Hati dongkol mah udah biasa itu. Dikit-dikit kena hukum, salah dikit push-up, salah dikit disuruh lari, ga salah apa-apa disuruh jungkir.Nah mampu ga kalian melewati hal-hal tersebut?

Mental kita akan dibentuk selama pendidikan samapta ini. Hal ini untuk mempersiapkan kita menjadi pegawai bea cukai yang tidak bermental kerupuk. Membentuk pribadi pribadi tangguh guna menjalankan tugas dan fungsi kedinasan saat bertugas nanti dan untuk mengajarkan kedisiplinan kepada kita.

3. Jangan Manja


Pleasseee geng. Dont be this kind of person. Disana loh semua orang sedang mati-matian keluar dari zona nyaman masing-masing. Yang ga biasa panas terpaksa panas-panasan, yang ga biasa lari pagi mau ga mau lari pagi dan kalian seenak nya aja jadi manja. Please dont. Karena kalian cuman akan jadi beban dan jadi cerita miring di angkatan kalian. Keluar lah dari zona nyaman karena selesai samapta  gak akan kalian keluar "cantik". Maksudnya selesai samapta kalian keluar dengan kulit putih yang terawat, wajah bersih yang berseri-seri. Nopee. 99% baik cewe cowo selesai samapta itu merahh mukanya, hitam kulitnya, gosongg badannya, rambut botak buat yang cowo.

Merayap-rayap di lumpur mah udah biasaa.. Beberapa hari gak mandi juga udah biasa. Perintah para pelatih di samapta itu ya gaes disukai aja udah ga enak apalagi tidak kalian sukai ya makin ga enakk. Jadi Siap Perintah aja. Jalankan segala perintah pelatih kalian, toh ga bikin kamu mati. Apa yang tidak membuatmu mati akan membuatmu semakin kuat.

4. Integritas

 ngantuq ini taq tertahankan

Sebenarnya ini cuma tambahan aja sih. Selama samapta ada aturan-aturan yang harus kalian penuhi. Dilarang membawa handphone atau dilarang merokok misalnya. Tapi ada aja si bandel-bandel yang nyuri-nyuri udah tau dilarang. Sebenarnya hal kecil sih menurut ane, tapi hal kecil inilah yang melatih kita dan membawa kita ke hal besar dikemudian hari.

Nah orang-orang bandel ini saat ketauan akan membuat masalah bagi seluruh angkatan. Karena biasanya bukan hanya dia sendirian yang dihukum melainkan satu angkatan. Samapta ini selain membentuk fisik dan mental juga melatih kebersamaan dan kesetiakawanan. Yang mana kalau ada hukuman artinya adalah salah satu salah semua. Kan Kampretttt. Gegara doi yang lain menanggung akibatnya. Tapi itu juga bagian dari kisah-kisah seru semasa samapta sih. Jadi yaaa jalanin aja lah ya.


5. Obat-obatan pribadi

 meeeedddiic!!!!

Nah yang terakhir nihh, Kalian adalah orang yang paling mengerti dengan kondisi kalian sendiri. So persiapkan semuanya dengan matang. Misalnya kamu ada penyakit tertentu yang membutuhkan obat khusus ya monggo dibawa atau misal kamu ada masalah kesehatan lain misal pernah patah tulang dll ya monggo di komunikasikan kepada dokter atau pelatih supya nanti jangan menyesal sendiri. FYI nnti sebelum kegiatan samapta dimulai biasanya akan ada pemeriksaan kesehatan gitu.
Yang penting-penting yang bisa kalian bawa diantanya ada minyak kayu putih, minyak tawon, obat sakit kepala, obat demam dan vitamin.


KEGIATAN SERU SELAMA SAMAPTA

Banyak aktivitas seru yang menanti kita di diklat ini. Berikut adalah aktifitas seru yang angkatan saya alami loh yaa, semoga bisa jadi referensi hahaha.


1. Long March.

langkah perkasa (jangan salfok sama yg bawa batang pisang)

Kita akan berjalan dengan jarak yang cukup jauh. Menurut saya pribadi seru sih kegiatan ini karena nanti ada beberapa teman yang tumbang satu-satu terus nanti sepanjang perjalanan akan ada usil-usil nakal dari pelatih, ada games2 seru biasanya dan akhirnya di garis finish kita bisa istirahat minum sepuasnyaaa. Rasanya tuh kayak kita bersusah-susah dulu melewati rintangan dan jalan panjang baru kemudian menemukan akhir yang bahagia wahahahahaha.

2.Merayap di Lumpur

kolam dengan definisi berbeda

Pernah bayangin ga apa sebenarnya faedah dari kita merayap-rayap manja di lumpur atau got? Sampe sekarang saya belum nemu sih faedahnya. Siapa tau ada teman-teman yang bisa menemukan jawabannya bisa komen di bawah. Tapi karena dilakukan rame-rame jadi ada kenangan tersendiri sih.


3. Makan Komando

maaf ku tak punya foto makan komando

Ini adalah makan istimewa yang pernah saya rasakan selama hidup saya. Kalo makan rame-rame barang temen sih udah biasaaa lah yaaa. Cemenn.. Cobain makan komando deh, baru ga cemen. Kalian akan duduk rapi kayak anak bayi menunggu dikasih makan. Nah makanannya sebenarnya sederhana, cuman yang istimewa adalah makanan ini dicampur-campur seenaknya sama pelatih. Silakan kalian berimajinasi bagaimana rasanya kalau nasi, kangkung, telur mentah, masako, semangka dicampur jadi satu di aduk-aduk centil make tangann... TANGANNNNNN....Itulah hidangan paling spesial selama hidup hiksss.


4. Caraka Malam

 inovasi baru dibidang persentajaan

Kalo kalian anak pramuka mungkin namanya jerit malam yaa agak-agak mirip gitulah. Jadi disini kita berperan sebagai pembawa sandi super duper rahasia. Sandi ini harus jelas dan sama saat kita laporkan di pos terakhir. Nah selama perjalanan ke pos terakhir kita akan melewati ujian-ujian hidup dari pelatih. Mengambil waktu tengah malam dan biasanya di hutan-hutan, kegiatan ini cocok banget buat kalian yang penakut.


5. Survival

para homo sapiens

Ada yang lebih menyenangkan selain dilepas dihutan untuk bertahan hidup?


6. Menembak

 ingin ku tembak saja kau yang susah ku bilangin

Cihuyy kalo biasanya cuman main counter strike sama pubg, kali ini kita menembak beneran gaes. I mean senjata asli.

Nah sekian itu aja yang bisa ane kasih ke kalian buat persiapan samapta. Ada pepatah suci mengatakan kalau samapta itu otot bukan otak. Hmmmmm. tapi ya jangan lupa otaknya juga di pake yaa. Semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING