KENAPA RADIO MASIH POPULER DAN MASIH DIGEMARI OLEH MASYARAKAT?

Halo Semuanya,
Ane rasa sebagian besar dari kalian pasti pernah mendengarkan siaran radio khannn? Lalu apaqah kalian pernah mendengarkan ku siaran? wkwkwkwkwk. Ngomong-ngomong, radio itu adalah salah satu perangkat komunikasi yang paling tua lho. Radio sudah ada bahkan jauh sebelum internet dan telepon genggam. Selain itu radio juga pernah sangat-sangat populer pada jamannya dimna semua komunikasi dan informasi yang beredar melalui radio sangat dinanti-nantikan. Bahkan hubungannya dengan kemerdekaan Indonesia juga erat kaitannya lhoo. Berita mengenai jepang yang sudah kalah itu menyebar di saentero Indonesia melalui radio guys.
Nah jaman sekarang yang semua serba instan apalagi sejak eranya internet dan sosial media, orang-orang dapat mengakses informasi apa saja darimana saja dan kapan saja. Bahkan media cetak seperti koran, surat kabar dan majalah yang sangat melekat dikalangan masyarakat saja mulai ditinggalkan. Berangsur-angsur semuanya beralih ke perangkat yang lebih kecil dan mobile. Oleh karena itu beramai-ramai para media cetak men-digitalize produk mereka supaya bisa mengikuti tren dan perkembangan jaman. Lalu pertanyaannya bagaimana dengan nasib radio?

Ternyata sangat mengejutkan teman-teman karena meskipun dengan gempuran internet dan sosial media, radio masih mendapatkan tempat di hati para masyarakat. Fenomena ini tidak hanya terjadi di masyarakat Indonesia saja, namun diseluruh dunia demikian. Bahkan ditahun  2017 menurut survey Nielsen dalam Radio Audience Measurement (RAM) menunjukkan bahwa dari total 11 kota yang disurvey yang terdiri dari Jakarta, Bandung, Jogjakarta, Semarang, Surakarta, Surabaya, Denpasar, Medan, Palembang, Makassar dan Banjarmasin menunjukkan sebanyak 38% dari total responden masih mendengarkan radio. Angka 38% ini terbilang tinggi. Lantas apa yang membuat siaran radio masih mendapatkan pendengar sampai sekarang?

1. Musik (Elemen of Surprise)

Teman-teman tau bahwa playlist yang dimainkan diradio telah melalui seleksi terlebih dahulu karena adanya fungsi Music Director disana. Bisa dipastikan lagu yang diputar oleh stasiun radio adalah lagu-lagu top, namun apakah lagu yang ingin kita cari? jawabannya bisa iya dan bisa tidak. Disinilah elemen kejutan di radio. Sistem musik yang random namun tetap oke menjadikan lagu selanjutnya selalu ditunggu-tunggu. Sering terjadi bahwa lagu yang diputar adalah lagu yang bahkan sudah tidak kita ingat keberadaannya namun ternyata sangat meninggalkan kenangan tertentu.

2. Kemacetan

Berdasarkan survey dari Nielsen seperti yang sudah disebutkan diatas, persentase terbesar akses ke radio adalah ketika sedang terjebak kemacetan. Kenapa? bisa jadi karena bosan dengan playlist dalam mobil yang itu-itu saja, sedang  ingin mendengar berita sambil mengemudi, atau ingin mendengarkan celotehan penyiar agar tak merasa sepi. Itulah sebabnya jam tayang utama radio (prime time) ada di pagi hari (saat berangkat kerja) serta sore sampai dengan malam hari (jam pulang kerja). 

3. Penyiar

Nah ini sosok yang sangat melekat dengan radionya. Penyiar ini bisa diibaratkan dengan salah satu branding dari radio itu sendiri. Karena penyiarlah yang akan cuap-cuap menemani para pendengar radio. Biasanya penyiar yang siaran di Prime Time adalah penyiar-penyiar yang memiliki ketenaran lebih atau yang lekat dengan para pendengarnya. Biasanya dipilih penyiar artis ataupun yang memang murni merintis karir di dunia radio sejak awal dan telah memiliki self branding yang luar biasa. 

4. Informasi Tambahan

Salah satu tujuan orang mendengarkan radio adalah keinginan untuk memperoleh informasi atau berita. Bedanya saat kita membuka portal berita online kita biasanya melakukan pencarian dan mendapatkan berita yang kita inginkan. Sementara diradio kita memperoleh berita atau informasi yang tidak kita cari namun menambah pengetahuan kita. 

5. Bisa sambil melakukan aktivitas lain

Inilah salah satu kelebihan utama dari radio. Kita bisa menikmati konten radio sambil melakukan segala macam aktivitas. Bisa sambil makan, menyetir kendaraan, memasak dll. 

6. Cakupan wilayah 

Salah satu kendala yang ada di era teknologi informasi sekarang ini adalah daerah-daerah dengan akses yang susah dan terpencil akan kesulitan menggunakan internet karena memang kadang belum didukung oleh infrastruktur yang memadai. Nah kelebihan radio adalah cakupan areanya yang lebih luas sehingga kadang ketika jaringan internet belum memasuki suatu wilayah, radio menjadi pilihan masyarakat untuk mendapatkan berita dan informasi.

Oqei baiqlah semuanya, itulah beberapa poin yang menjadi alasan kenapa sih diera sekarang ini radio masih memiliki pendengar setia dan cenderung masih bertahan. Semoga bermanfaat. . .

flickr

Comments

  1. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini
    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 8 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    -bandar 66 (new game )
    Dapatkan Berbagai Bonus Menarik..!!
    PROMO MENARIK
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami
    Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu
    menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) |
    Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING