10 PROVINSI DI INDONESIA YANG PALING BANYAK DIKUNJUNGI TAHUN 2018 ( INDONESIA MOST VISITED PROVINCE IN 2018)

Halo semuanya,
Ditulisan kali ini saya akan membahas mengenai provinsi di Indonesia yang sering sekali dikunjungi oleh para warga negara Indonesia. Selain untuk keperluan wisata, ternyata warga indonesia sering bepergian ke provinsi lain dengan tujuan untuk bekerja dan sekolah. Dan 50,54% diantaranya adalah para laki-laki lho. Yeayyyy, mana laki-laki yang suka travelling, tunjuk tangan dong 😀

1. Jawa Timur

Di sudut timur pulau jawa ini tersebar destinasi-destinasi alam indah yang siap untuk dijelajahi para pelancong. Diantaranya adalah gunung bromo, kawah ijen di banyuwangi, malang, batu, dan gunung mahameru. Ditambah lagi status kota surabaya yang merupakan kota terbesar kedua di Indonesia. Jumlah kunjungan yang datang ke Jawa Timur selama 2018 adalah sebanyak 54.484.015 kali

2. Jawa Barat

Provinsi yang terletak bersebelahan dengan DKI Jakarta ini menawarkan wisata alam yang menakjubkan sehingga banyak mengundang pelancong baik dalam maupun luar negeri. Tiap akhir pekan provinsi ini kebanjiran pengunjung dari Jakarta. Jawa barat memiliki pantai pangandaran (katanya pantai terbaik di jawa barat), pantai ujung genteng, curug (air terjun) cikaso, wisata rafting sungai citarik dan citatih. FYI katanya provinsi ini merupakan penghasil wanita-wanita cantik di Indonesia. Gak percaya? Silahkan buktikan. Jumlah kunjungan yang datang ke Jawa Barat selama 2018 adalah sebanyak 52.704.428 kali.

3. Jawa Tengah


Salah satu daerah di Indonesia yang memiliki jumlah industri rokok terbanyak adalah semarang. Dengan Kudus dan jepara sebagai juaranya. Seperti yang teman-teman ketahui bahwa industri rokok (hasil tembakau) ini cukup mempengaruhi pendapatan negara dan economy effectnya menyerap banyak sekali tenaga kerja. Selain itu juga ada potensi tambang minyak di daerah blora atau yang biasa disebut dengan blok cepu.  Dari segi pariwisata pun jawa tengah tidak kalah menarik lho. 2 Candi terbesar di Indonesia yaitu borobudur dan prambanan itu terletak di jawa tengah. Jumlah kunjungan yang datang ke Jawa Tengah selama 2018 adalah sebanyak 45.281.856 kali.

4. DKI Jakarta


Metropolitan sekaligus ibu kota Indonesia ini merupakan kota terbesar di Indonesia. Disini merupakan pusat pemerintahan, bisnis, fashion, dll. Jantungnya Indonesia. Rasanya tidak perlu dibahas banyak kalian juga sudah tau Jakarta seperti apa kan. Jakarta memiliki landmark Monumen Nasional (MONAS), mau yang berbau wahana permainan tersedia di Dunia Fantasi Ancol, disebelah utara Jakarta juga terdapat Kepulauan Seribu yang menggoda atau merasakan sensasi jaman kolonial di kota Tua dan masih banyak lagi. Jumlah kunjungan yang datang ke Jakarta selama 2018 adalah sebanyak 17.112.629 kali.

5. Sumatera Utara


Tanah Batak ini juga tidak kalah oke lohh. Di dukung oleh infrastruktur oke Bandara Internasional Kualanamu (bandara terbesar kedua di Indonesia), dan juga status Medan sebagai kota terbesar di Indonesia (kalau tidak ada Jakarta dan Surabaya Hahahaha) banyak yang berlibur dan atau bekerja disini. Tempat-tempat keren di sumatera utara yang banyak dikunjungi yaitu Danau Toba (danau terbesar di Indonesia), explore indahnya alam dan budaya di pulau nias, Brastagi, daerah sibolga dll. Jumlah kunjungan yang datang ke Sumatera Utara selama 2018 adalah sebanyak 11.586.299 kali.

6. Banten



Dari provinsi banten ini yang paling banyak menjadi pintu masuk bagi orang-orang adalah bandar udara soekarno-hatta dan pelabuhan merah. Dari bandara Soetta biasanya orang-orang meneruskan perjalanannya ke jakarta dan daerah sekitarnya. Banten juga punya beberapa tempat menarik buat dikunjungi juga loh. Di antaranya adalah gunung krakatau, taman nasional ujung kulon, dan pantai anyer.
Jumlah kunjungan yang datang ke Banten selama 2018 adalah sebanyak 10.354.240 kali.

7. Sulawesi Selatan


Di tahun 2018, sulawesi selatan punya 3 event keren untuk mempromosikan sisi pariwisata mereka, Event tersebut adalah Makassar International Eight Festival and Forum (F8), Festival Phinisi, dan Festival Lovely Toraja. Di tahun 2016 wisatawan asing yang datang kesini sebanyak 234.249 orang sedangkan untuk wisatawan lokal sebanyak 8.4 juta orang dengan makassar sebagai destinasi utama sebanyak 74%. Jumlah kunjungan yang datang ke Sulawesi Selatan selama 2018 adalah sebanyak 10.073.934 kali.

8. Bali


Bali merupakan ikon Indonesia sejak lama. Pulau yang juga dikenal sebagai pulau dewata ini punya segudang tempat-tempat keren dan eksotis untuk dikunjungi diantaranya adalah tanah lot, kuil uluwatu, ubud, kintamani, pantai kuta, angel's billabong, pantai broken, pantai kelingking, pantai nusa dua, menikmati sunset di potato head, la pancha, dan seminyak yang super keren dan masih banyak lagi guys. nyam nyamm. ayokk deh visit Bali. Jumlah kunjungan yang datang ke Bali selama 2018 adalah sebanyak 7.874.018 kali.

9. Sumatera Barat


Sumatra Barat terletak di pesisir barat di bagian tengah pulau Sumatra yang terdiri dari dataran rendah di pantai barat dan dataran tinggi vulkanik yang dibentuk oleh Bukit Barisan. Tempat asal muasal rendang yang pernah menjadi makanan ter-enak di dunia ini, ditahun 2018 menyelenggarakan Tour de Singkarak (Tds). Event ini merupakan salah satu event besar karena mampu menyedut sebanyak 550 ribu penonton. Jumlah kunjungan yang datang ke Sumatera Barat selama 2018 adalah sebanyak 7.472.400 kali.

10. Lampung


Provinsi di ujung selatan pulau sumatera ini ibu kotanya adalah Bandar Lampung. Disini industri tambak udang sangat besar guys, bahkan Lampung memasok sekitar 40% dari kebutuhan udang nasional. Oleh karena hal tersebut lampung ditargetkan menjadi lumbung udang nasional. Jumlah kunjungan yang datang ke Lampung selama 2018 adalah sebanyak 7.281.404 kali.

Terima kasih, semoga bermanfaat . . .
Sumber Data : Badan Pusat Statistik
flickr

Comments

  1. Numpang promo ya Admin^^
    ajoqq^^com
    mau dapat penghasil4n dengan cara lebih mudah....
    mari segera bergabung dengan kami.....
    di ajoqq^^com...
    segera di add Whatshapp : +855969190856

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING