HAL YANG SELALU DIRINDUKAN ORANG MANADO SAAT MERANTAU

 Jembatan Soekarno di Manado

Hai semuanya, lama ga posting artikel lagi nih hehehe. Kali ini mau ngebahas seputaran hal yang paling dirindukan oleh para anak rantau khususnya pada manadonese (sebutan untuk orang manado).  Menjadi anak rantau tentunya masing-masing punya kisah dan memiliki sesuatu yang selalu dirindu-rindukan untuk kembali ke tanah asalnya. 

Khusus buat para kawanua manado nih, berhubung ane juga sudah beberapa tahun menjadi anak rantau maka selama jauh dari kampung halaman hal-hal berikut ini yang selalu menjadi kerinduan untuk kembali ke kampung halaman,

1.    Ikan Segar

Berhubung ane tinggal di Bitung maka Ikan Segar lah yang paling dicari-cari karena memang untuk makanan yang satu ini sangat mudah dijumpai di daerah manado dan bitung. Ane kerja di jakarta dan bukannya disana tidak ada ikan, cuman berdasarkan pengalaman ane untuk ikan laut yang segar agak butuh effort untuk menemukannya dan terbilang mahal tjuy. Kebanyakan justru ikan yang ada dalam kondisi yang sudah tidak segar. Kuliner favorit dari ikan yang populer disini antara lain adalah olahan dari ikan tuna seperti dada tuna, rahang tuna, dan sashimi dan dari ikan cakalang seperti cakalang fufu (cakalang yang diasap), dan abon cakalang.            
        
2.    Sambal

 Sambal Dabu-Dabu
 
Makanan di daerah Sulawesi Utara terkenal dengan cita rasanya yang pedas, hampir semua makanan disini dihidangkan dengan topping sambal sebagai sebuah kewajiban. Bahkan bagi sebagian orang belum lengkap makanan kalau belum ditambah sambal. Nah dari berbagai macam jenis sambal, 2 yang paling menjadi primadona adalah Dabu-Dabu dengan cita rasanya yang fresh dan segar serta Sambal Roa dengan rasanya yang khas dan agak gurih.

3.    Tinutuan / Bubur Manado

 Bubur Manado
 
Nah ini guys menu makanan sarapan favorit di pagi hari, tapi banyak juga yang menjadikan tinutuan bukan sekedar santapan pagi saja. Bubur yang berisi aneka sayuran ini biasa dilengkapi dengan gorengan seperti tahu dan ikan goreng.

4.    Wisata Pantai 

 Pulau Nanas
Pantai-pantai di daerah sulawesi utara mayoritas berpasir putih dan memiliki air yang jernih serta warna biru yang menggoda. Memang pantai-pantai didaerah sini masih sangat terjaga alamnya. Sebut saja Pulisan, Pantai Paal, Pulau Nain, Lihaga dll.

Oke cui kira-kira itulah beberapa hal yang selalu membuat ane sebagai manadonese rindu kampung halaman, mana sekarang ditambah harga tiket pesawat yang sangat meroket membuat kita butuh ekstra effort buat pulang kampung hehehe. Ya semoga kita semua diberikan selalu kesehatan dan rejeki bagi para anak-anak rantau untuk bisa kembali berkumpul dengan keluarga di kampung halaman tercinta. Silakan tambahkan di kolom komentar kalau ada versi kamu ya.

Semoga bermanfaat . . .

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING