TIPS JITU PUBLIC SPEAKING - MENGHILANGKAN GUGUP BICARA DI DEPAN UMUM


Hai Bro-bro dan sister semua,

Coba liat disekeliling kita, biasanya orang yang percaya diri dan berani buat speak-up akan dianggap memiliki nilai lebih. Contoh sederhana waktu kita masih sekolah dulu, orang yang berani tampil bicara di depan pasti akan mendapat perhatian khusus. Tapi kok sebagian orang yang lain malah menganggap bahwa bicara di depan umum adalah sebuah hal yang menakutkan ya? Hmmmm menarique. 

Kemampuan berbicara di depan umum ini bukanlah suatu gift atau bakat ya man-teman. Kemampuan ini bisa dilatih dan dibentuk seiring makin sering kita melakukannya. Merasa gugup, malu dan takut saat pertama kali mencoba sesuatu adalah hal yang wajar apalagi itu adalah hal yang baru, sama hal seperti berbicara di depan umum. Nah ane punya nih beberapa tips apa aja yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi rasa gugup, takut dan malu kalian jika ingin berbicara di depan umum.

1. Latihan di depan kaca / direkam / di depan teman

Cui hal ini bisa kalian lakuin jadi semacam simulasi, latihan gitu seperti apa kalian saat sedang berbicara. Jadi bisa juga sebagai sarana trial and error gitu cuy, seriusan hal ini walaupun agak freak kalo diliatin orang hahaha tapi bermanfaat banget untuk mengasah skill kalian dan mendapatkan moodbooster yang baik.

2.  Evaluasi Latihan tadi

Nah tadi setelah latihan tadi, kita jadi bisa tau kekurangan kita cui. Mungkin gestur kita lebay, atau kita ngomongnya belibet atau masih terlihat kaku dll. Ini bisa menjadi bahan koreksi kita cui supaya nanti pas in action kita bisa maksimal tampilnya

3. Persiapan

Persiapan ini maksud ane semuanya yang harus kita persiapkan, misal baju kita, penampilan kita, karena itu bisa mendongkrak rasa percaya diri kita cui. Terus pastiin lagi step by stepnya di panggung gimna, teknisnya gimnaa supya ga salah jebrett nanti. Bisa baca-baca lagi scriptnya, rundownnya bisa koordinasi lagi mungkin dengan panitia atau EO nya memastikan semua teknis clear dan kita tinggal rock and roll.

4. Sampai di lokasi lebih cepat

Ini wajib banget Bro bro and sister sekalian. Kalo kita nyampe di lokasi lebih cepat kita bisa mempersiapkan diri, bisa sedikit tau ttg keadaan sekitar, layoutnya gmna, bisa nafas dulu nyante-nyante dulu, rebahan, tiduran, BBQ-an. Pokoknya tidak grasa grusu bro bro jadi lebih enak buat bawa acaranya. Pokonya jangan telat.

5. Opening yang baik

Cuy opening ini walaupun simpel tapi bisa menjadi penting loh. Soalnya melalui opening audience bakal ngeliat dan nentuin first impression ke kita. Nah sebelum masuk ke inti pembicaraan atau inti acara pokoknya sebelum masuk ke intilah untuk membangun kepercayaan diri sambil menyesuaikan dengan atmosfer yang ada kita bisa mungkin ngasih sedikit pengantar atau bercerita ttg pengalaman pribadi.

6. Lakukan kontak dengan audiens

Kita bisa membangun chemistri dengan audiens dengan menanyakan kabar atau bisa melempar pertanyaan2 lain yang bisa mencuri perhatian mereka. Yang paling umum nih dilakuin Selamattt pagiii semuanyaaaaa, pagiii... Waduhhh sepertinyaaa kurang semangat ya pagi2 gini, apa mungkin belum makan atau belum moveon? Sekali lagi yaaa yang lebihh semangatt. Selamat pagii.... Nah ketika kita udah berhasil dapatkan perhatian doi eh maksudnya perhatian audiens maka biasanyaaaaa kita akan makin percara diri buat ngomong. Ya coba aja kita ngomong terus ga diperhatiin, sakit kann? 



7. Berdoa
Ini yang ga kalah penting bro bro and sister semua. Supaya semuanya afdol, semuanya berjalan lancar jangan lupa berdoa sebelum dan sesudah kalian tampil agar dijauhkan dari hal-hal yang tidak kita inginkannnn. Gila keren ya  gua hahahaha.

Oke sekian dulu semuanya, silakan dipraktikkan ya saran dari ane. Oya ane bukan expert di public speaking tapi setidaknya adalah sedikit pengalaman MC dan penyiar radio. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING