4 HAL YANG DAPAT MENYEBABKAN KECELAKAAN PESAWAT


Turut berduka cita atas musibah yang menimpa para penumpang dan awak pesawat Lion Air JT 610 rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Gaes, yang namanya kecelakaan, maut, dan musibah itu bisa terjadi kapan saja dan dimana saja. Tentunya sebagai orang yang beragama kita percaya akan takdir Tuhan Yang Maha Esa, namun ada hal-hal tertentu yang kita ketahui atau identifikasikan sebagai faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya suatu kecelakaan. Di tulisan kali ini ane mau ngebahas untuk kecelakaan pesawat udara cui, hal-hal apa saja sih yang bisa menyebabkan kecelakaan pesawat udara?


1. CUACA
Cuaca adalah faktor utama yang sering mengakibatkan masalah dalam dunia penerbangan. Contohnya adalah delay dan bahkan kecelakaan pesawat. Faktor angin yang berhembus, badai, dan awan adalah kasus yang paling banyak dihadapi selama ini oleh para penerbang.  

2. KENDALA TEKNIS
Sebagai salah satu moda transportasi yang mengandalkan sistem teknologi untuk pengoperasian dan navigasinya, pasti tidak lepas dengan yang namanya kendala teknis. Untuk itu setiap pesawat harus memiliki sistem maintenance dan perawatan yang baik. Hal ini untuk mengurangi kemungkinan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan selama mengudara.

3. KELALAIAN
Walaupun sepele cui, tapi saat ada pihak-pihak yang lalai dalam suatu penerbangan itu bisa sangat-sangat fatal. Dalam suatu penerbangan itu banyak pihak yang terlibat. Bukan hanya pilot dan awak pesawat, tapi ada petugas di ATC, petugas maintenance dll. Bahkan kemarin-kemarin sempat heboh kasus pilot yang akan menerbangkan pesawat dalam keadaan mabuk. Ini parah banget sih emang. Dikira nyawa para penumpang segitu gampangnya apa. Hmmmm.

4. TERORISME
Nah kalau yang ini sudah ekstrim sangat nih. Biasanya kalau pesawat lewat di daerah-daerah yang rawan akan konflik, perang saudara, terorisme dsb. Masih hangat di ingatan kita soal penembakan pesawat Trigana Air di Papua pertengahan tahun 2018 ini.

Yahhh, semoga kita selalu dilindungi oleh Allah SWT disegala urusan dan perjalanan kita yah. Tak lupa turut menyampaikan duka sedalam-dalamnya terhadap para keluarga korban pesawat Lion Air JT 610 Rute Jakarta-Pangkal Pinang.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING