SEHARI KELUYURAN DI SEMARANG - KOTA LAMA SEMARANG, LAWANG SEWU, SAMPAI MASJID AGUNG SEMARANG

Haloo semuanyaaa, di tulisan kali ini ane mau mengajak kalian untuk jalan-jalan ke Kota Lumpia Semarangg. Yeeyyyyyy.... Kalo dengar nama Kota Semarang bawaannya pengen langsung nyari lumpia dan tahu bakso ajaaa. Emang sih kalo kemana-mana perut ga ada komprominya hehe. Ane rasa sobat semua pasti sudah pada tau sedikit tentang Semarang ya kan? atau paling tidak pernah denger lahh tentang Semarang. Kalau belum berarti sobat gagal menjadi orang Indonesia Huahahaha.

FYI ajee nihhh, semarang ini masuk salah satu dari 5 kota terbesar di Indonesia lohh. Meskipun begitu pas pertama ane nyampe di sana kok bandaranya cilik (kecil) banget yaa.. Hmmmm jadi ragu. Jadi emang Bandara Ahmad Yani yang lama itu sebenarnya adalah milik TNI AD. Nah untungnya di tahun 2018 Semarang sudah punya bandara Ahmad Yani yang baru. Lokasinya berbeda dengan bandara yang lama. Bandara yang baru ini tentunya dibangun dengan lebih mevvahh dan besar yang sesuai lah dengan namanya bandara internasional.

Pas jalan disini sih terasa kalau kota ini kayak going to be metropolitan gituu. Jantung dari kota ini ada di Simpang Lima. Simpang Lima ini adalah semacam area di tengah kota terus ada lapangan sepak bola di tengah dan disekitarnya dipenuhi oleh gedung-gedung seperti perhotelan, pusat perbelanjaan dll.

Sejarah mencatat bahwa semarang ini pernah menjadi pusat perdagangan pada abad 19 dan 20 saat masa pemerintahan Belanda. Kita bisa menikmati sisa-sisa masa tersebut di lokasi yang bernama Kota Lama Semarang.  Ada puluhan bangunan-bangunan tua disini dari jaman belanda sampai sekarang yang masih kokoh berdiri.  Ya kira-kira kota lama semarang ini kurang lebih sama kayak kota tua di jakarta.


 

Ngomong-ngomong bangunan tua belanda, ada lagi nih satu tempat yang udah lekat dengan nama semarang. Tempat ini sering muncul di acara-acara tipi yang serem. Yaaa katakan saja Dunia Lian dll. Nah betoll sekali Lawang Sewu. Tempat yang kalo dibahasa Indonesiakan artinya Seribu Pintu ini adalah bangunan yang dulunya merupakan sebuah kantor lohhh. Tapi setelah diitung-itung, pintunya ga nyampe seribu yaa.

sama pak arif yang bae hati dan roy

ganteng-ganteng silau
Lawang sewu ini terletak di seberang bundaran tugu muda gaess. Tugu muda ini adalah monumen yang dibuat untuk memperingati para pahlawan super berani yang telah gugur dalam peristiwa yang disebut pertempuran lima hari (hening cipta).

roy.. tampan dan berani

Abis keluyuran sampe maghrib tujuan berakhir di Masjid Agung. Wawwww masjidnya gedheee banget kak. Masuk ke pelatarannya terlihat semacam tiang-tiang raksasa yang ga taunya itu adalah payunggg yang masih tertutupp hmmm. Tinggi payung ini sekitar 100 m. Jadi payung ini tu terbuka kalo misal ada hajatan besar gitu yang orangnya sampe tumpah-tumpah keluar di pelataran, misalnya acara maulid nabi dll. Hmmmm hati serasa tenteram bisa sujud di tempat ini.


payung raksasa

Okedehh segitu aja dulu kak. Semoga bermanfaat. I'm hungry 😋😋

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING