KENAPA JALANAN DI DAERAH PEGUNUNGAN BERBELOK BELOK?

 www.pexels.com

Heyyyy.. Ketika kalian sedang jalan-jalan ke daerah yang lebih tinggi atau dataran tinggi atau pegunungan, kalian pernah perhatiin gak kenapa jalannya dibuat berbelok-belok nakal gitu yang kadang kala bikin mual-mual ga sihh? Pernah ga sih kalian bertanya-tanya kenapa ga dibikin lurus aja? ya supya lebih enak gitu melewatinya ga harus mual-mual apalagi yang sering kobam darat. 

Jawabannya cukup mudah sob. Tau pesawat sederhana kan? Bukan pesawat di bandara yaa. Jadi pesawat sederhana itu sederhananya (lah gimna sih bahasanya) adalah alat / mekanisme yang dipakai untuk memudahkan pekerjaan manusialah. Intinya dengan menggunakan jenis-jenis pesawat sederhana, maka pekerjaan yang aslinya memerlukan tenaga yang besar akan menjadi lebih efisien dan efektif sehingga kita pada akhirnya hanya akan mengeluarkan tenaga yang lebih kecil. Ribet yaa.. Ya gitulahh pokoknya pengertiannya.


Nah jalanan berbelok-belok di daerah pegunungan ini menggunakan salah satu jenis dari pesawat sederhana ini, yaitu bidang miring. Bidang miring dan pesawat sederhana ini adalah bagian dari ilmu fisika gaes, jadi bakal agak ribet lah ya kalau ane ngomong teori fisika disini wkwkwkwk. Dengan menggunakan bidang miring, gaya yang digunakan akan semakin kecil kalau lintasannya semakin landai ( tidak curam / tidak terlalu menanjak).

 www.pexels.com

Bayangin aja sob kalo jalan nanjak dibuat lurus. Kira-kira mobil-mobil tua, truck atau kontainer bisa lewat ga tuh? Hmmmmm, mungkin bisa yaaa cuma lebih banyak energi yang bakal dihabiskan. Atau kalian bayangin deh yang nanjak itu bawa sepeda. Kan bisa meninggal ya nyampe atas. Nah maka dari itu sob, dibuat lah jalan berbelok-belok supya lebih menghemat energi. Tapi kendalanya satu sih, yaitu waktu tempuhnya yang jadi agak lama. Tapi it's okay sih yang penting kita gak susah yaa pas lewat di jalan yang menanjak.

Okay sob, itu aja infonya semoga bermanfaat yak.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING