USMAR ISMAIL - SIAPAKAH DIA

 wikipedia.org

Hallo, kemarin 20 Maret 2018 google doodle make kartun salah satu tokoh dari Indonesia. Siapaa?
Beliau adalah Usmar Ismail. Ga percaya? nyoh langsung crot di bawah.

Usmar Ismail adalah tokoh yang berkecimpung di dunia film. Selama masa hidupnya, dia sudah menelurkan 33 karya film berbagai genre. Beliau lahir di Bukittinggi, Sumatera Barat pada 20 maret 1921 dan meninggal 2 januari 1971 di umur 49 tahun. Beliau sudah bersinggungan dengan dunia film sejak mengenyam pendidikan loh. Terbukti beliau lulus dari universitas california bidang sinematografi. Minatnya dibidang film ternyata tidak hanya terhenti pada bangku kuliah (karena kebanyakan orang sekarang kuliah pada salah jurusan #ehh), setelah lulus dari universitas Usmar Ismail kembali ke Indonesia dan menjadi Ketua Sandiwara Penggemar Maya. Kegiatan lain yang juga dicimpungi oleh beliau antara lain:
  1. Ketua Badan Permusyawaratan Kebudayaan Yogyakarta (1946-1948)
  2. Ketua Serikat Artis Sandiwara Yogyakarta (1946-1948)
  3. Ketua Akademi Teater Nasional Indonesia (1955-1965)
  4. Ketua Badan Musyawarah Perfilman Nasional
  5. Ketua Persatusan Wartawan Indonesia (1946-1947)
  6. Ketua Umum Lembaga Seniman Muslimin Indonesia (1962-1969)
  7. Anggota Pengurus Besar NU (1964-1969)
Film pertama yang disutradarai olehnya adalah film berjudul Harta Karun, namun film yang berhasil membuat namanya melambung sebagai sutradara adalah film berjudul Pedjuang ditahun 1961. Film pedjuang ini membanggakan gaes karena film ini adalah film pertama karya anak negeri yang diputar di festival film international.

Beberapa penghargaan yang pernah diraih Usmar Ismail antara lain Piagam Wijayakusuma dari presiden Soekarno, Anugerah Seni dari Pemerintah RI di tahun 1969, selain itu namanya juga diabadikan menjadi salah satu pusat perfilman di indonesia yang terletak di Jalan Rasuna Said, Jakarta Selatan. 

 Oya, tau kan kalau tanggal 30 maret diperingati sebagai hari film nasional? nah ternyata 30 maret 1950 adalah hari pertama dilakukannya syuting film berjudul Darah dan Doa (The Long March of Siliwangi). Usmar Ismail juga adalah pendiri PERFINI yaitu studio film pertama di Indonesia.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING