KHAS MANADO - BUMI NYIUR MELAMBAI

trensulut.com

Hai teman-teman. Sudah pernah ke Manado belum? kalau belum, mungkin tulisan ini bisa memberikan sedikit pencerahan mengenai manado dan sekitarnya ya. Manado adalah ibu kota dari provinsi Sulawesi Utara. Hmmmm dari namanya aja udah ketauan kalau letaknya ada di paling utara pulau sulawesi. Manado juga disebut dengan bumi nyiur melambai karena disini banyak sekali pohon kelapa loh. Kenapa disini banyak pohon kelapa? dont ask me.


kelapa everywhere (manadoexpress.co)

Ada apa aja sih di Manado?

Manado atau biasa disebut juga Menado ini adalah salah satu kota penghasil wanita cantik lohh. Ga percaya? Silakan dibuktikan sendiri kalau begitu. Hehehe. Mayoritas penduduk di sini beragama Nasrani. Oya, kota ini juga ditahun 2017 mendapat predikat sebagai kota paling toleran di Indonesia. Sesuai yang penulis rasakan selama tingal disana memang demikian gaes. Masyarakatnya dalam keseharian sangat mengedepankan gotong royong, sesuai dengan mottonya yaitu Sitou Timou Tumoutou yang artinya manusia hidup dengan memanusiakan orang lain. Tuh kan....

Ke kota ini kalian harus siap berpanas-panasan ya, karena kota ini terletak di tepi laut maka sudah pasti udaranya panass cui (eh tapi bukannya jaman sekarang dimana-mana memang udah panas ya? hmmmmmm). Kalau sekarang di manado sudah banyak dihuni oleh para pendatang. Penduduk asli disini berasal dari suku Minahasa. Nah suku minahasa ini memiliki warna kulit yang mulus-mulus. Ga heran kalau wanita-wanita asli minahasa sudah lama terkenal karena kecantikannya.

jembatan soekarno
Soal kuliner, manado punya banyak jenisnya gan. Mulai dari yang umum sampai yang tak lazim ada semuanya disini. Loh? maksudnya gimna? Masakan khas manado tuh cita rasanya pedas gaes. Jadi hampir tiap makanan selalu dicabe-in / disambel-in. Kata beberapa temen, ga lengkap kalau belum pakai cabe/sambal. Bahkan makan pisang goreng disinipun lazim pakai cabe/sambel gaess. Nah heraannn kann?!!! Tapi beneran, enak... Coba dehhh...

pisang goreng plus sambel

bubur manado/tinutuan (merahputih.com)

ikan segar di salah satu tempat wisata kuliner (tribunnews.com)

Makanan khas dari manado yang terkenal adalah bubur manado atau biasa disebut dengan tinutuan. Tinutuan ini adalah bubur yang terbuat dari aneka sayur-sayuran gitu. Untuk rasanya sendiri hmmm menurut penulis sih enak karena pas di lidah penulis hahaha. Karena manado ini terletak di pinggir laut maka makanan sea-food juga menjadi andalan daerah ini. Ikan yang dijual masih segar-segar gaess jadi maknyusss enakkkk. Oya buat kalian yang muslim kalau makan ke rumah makan di cek dulu halal atau tidak, soalnya buat jaga-jaga ajaa. OKei?


 pulau bunaken

taman laut bunaken

Selanjutnya bicara soal wisata, tau Bunaken kan? taman laut yang sudah mendunia ini letaknya 30 menit naik kapal cepat dari kota manado. Setelah sampai di pulau Bunaken,kalian wajib nyemplung yah. Karena kalau tidak, behh kalian dijamin bakal rugi karena pulau bunaken ini atasnya B aja sih alias Biasa aja, yang indah tuh bawahnya. Bagi kalian yang ga bawa peralatan, tenang aja disana ada yang nyewain kok ya minimal buat snorkeling lah.

boulevard siang hari

boulevard malam hari

Pusat kegiatan dan aktivitas di kota ini ada di daerah boulevard manado. Disini ramet sangat karena di daerah ini ruko, mall dan toko berjejeran di sepanjang garis pantai. kalau pagi sering dijadikan area jogging, siang buat jalan-jalan dan wisata kuliner, apalagi kalau malam tempat ini jadi pusat nongkrong. Untuk kalian yang hunting oleh-oleh, kalian bisa cari sambal roa (sambal ikan) yang sangat penulis rekomendasikan, kemudian pisang goroho (kalau dikombinasikan sama sambal roa memang tidak terkalahkan), klappertart, ikan cakalang fufu (yaitu ikan jenis cakalang yang sudah dikeringkan dengan cara di asap).

 sambal roa (www.agrowindo.com)

klappertart (bisikan.com)

cakalang fufu (www.exploremanado.com)

Manado ini masih tergolong sebagai kota berkembang. Masih banyak lahan hijau disekitar manado yang mana artinya masih banyak potensi wisata alam di tempat ini. Jika kalian memiliki waktu kalian bisa main-main ke Kota Bitung, Kota Tomohon, Kabupaten Tondano, Minahasa Utara, Minahasa Selatan, Minahasa Tenggara, Bolaang Mongondow yang juga memiliki tempat wisata yang bagus-baguss lohh.

Ini Vlog ane sewaktu liburan seminggu di manado dan sekitarnya: CEKIOT

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING