BERHUTANG BIJAK - NGUTANG JANGAN NGILANG

dpcpks-bojonggede.com

Halo kengkawan semua. Tulisan saya berikut tidak bermaksud untuk menyinggung seseorang atau sekelompok orang atau kengkawan yang masih punya hutang sama ane. Hehe No offense ya gengs. Tulisan ini Cuma pengen dibuat sebagai self reminder saja. Oke? Sip.

Sadar gak gengs kalau makin hari itu kebutuhan kita makin banyak dan makin besar pengeluaran. Harganya pun makin mahal pula. Perilaku kita yang konsumtif dibarengi dengan sifat gengsi memang klop. Untuk memenuhinya tentunya dibutuhkan uang untuk membeli. Sebenarnya tidak masalah, kan uang juga uang kita sendiri yang di pakai. Tapi kadang besar pasak daripada tiang. Nah ini yang bahaya, hasrat ingin memenuhi gengsi namun apa daya kurang biaya.
Akhirnya hutang jadi solusi praktis. Wajah melas dan alasan perkawanan pun jadi topeng untuk ngutang. Setelah dibumbu bumbui oleh intrik akan dikembalikan cepat, sebagian orang langsung memberikan pinjaman. Kan pahala bro membantu kawan yang lagi susah. Yes betul sekali. Tapi kalo minjamin mah yang ikhlas, jangan giliran nanti dibayar terlambat malah posting yang tidak tidak di sosial media.

Banyak diantara kita yang memilih jalan hutang untuk memenuhi sementara kebutuhan. Bisa juga karena urgent. Saya juga pernah ngutang kok wekssss. Ngutang untuk keperluan mendesak bisa kita maklumi ya. Selagi masih bisa untuk kita bantu mengapa tidak gengs? Tapi kalo emang niatnya untuk membantu itu harus ikhlas ya. Hehehe misalnya ikhlas kalau duitnya lupa dibalikin. Buat yang hobinya ngutang juga tau diri. Kalau hanya untuk memenuhi gengsi semata ya mending tidak usah. Tunggu saja sampai bisa memenuhi sendiri. Menabunglah gengs. Jikalau memang mendesak, ya silahkan ngutang. Berikanlah kepastian pada kawan kalian yang sudah berbaik hati mau meminjamkan. Karena kawan kita juga pasti punya kebutuhan sendiri kan? Ya kalau pun ternyata kita merasa tidak bisa balikin hutang kita tepat waktu, minimal ngasih tau lah. Basa basi sedikit. Jelaskan dengan baik pasti mereka pun akan mengerti. Jangan menghilang bagai ditelan bumi dengan alasan masih belum punya duit, bla bla bla. Apa sih susahnya ngomong? Yang ngasih pinjaman pun bulan malaikat yang bisa tau segala keluh kesah saudara.  Hal hal seperti ini yang kadang bisa merusak hubungan pertemanan, kekerabatan bahkan persaudaraan. Ngerii. 

Ada juga tipe tipe si korban perasaan. Karena merasa tidak enakan akhirnya tidak berani menanyakan hutang yang dipinjam orang. Entah karena mungkin yang minjam itu kawannya, saudaranya atau bahkan pacarnya. Tidak usah seperti itu juga lahhhh. Kalian malah akan tersiksa dengan cara kalian sendiri. Korban tidak enakan. Itu ada hak kalian kok disitu. Tidak ada salahnya untuk menananyakannya. Apalagi di saat kalian juga dalam posisi butuh. Tapi ingat ya, harus sopan juga kita. 

Untuk itu gengs, jika ada kebutuhan mendesak berhutanglah dengan bijak. Jangan lari dari tanggung jawab. Nah bagi kengkawan juga yang ada berlebih, silahkan dibantu kawan atau saudaranya yang lagi membutuhkan. Kita tidak tau kedepannya seperti apa, barangkali nanti kita juga akan menghadapi situasi yang sama. Boleh jadi orang orang itu yang akan kita gantungkan harapan di esok hari. Semoga bermanfaat ya gengs.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING