WISUDA PRODIP 1 SEKOLAH TINGGI AKUNTANSI NEGARA 2014

Halo sobat. Kali ini saya akan sharing mengenai wisuda Prodip 1 STAN 2014. Perkenalkan dulu Saya salah satu mahasiswa prodip 1 Spes Kepabeanan dan Cukai asal Manado dan kuliah di BDK Manado. Seperti yang sobat tau, Wisuda ini adalah akhir penantian dari seluruh mahasiswa untuk benar-benar masuk kedunia yang sebenarnya. Begitu juga dengan STANers Prodip 1 yang masuk di tahun 2013. Tidak terasa sudah setahun kami melalui program pendidikan di Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Wisuda sendiri dijadwalkan pada 29 Oktober 2014 bertempat di Student Center STAN. Sebenarnya wisuda ini tidak wajib. Kita bisa ikut wisuda jika berkenan, begitu juga sebaliknya. Tapi rasanya belum afdol jika kita melewatkan seremoni yang satu ini. Kegiatan Perkuliahan kami selesai setelah mengumpulkan Laporan Praktik Kerja Lapangan dan diyudisium pada tanggal 10 Oktober 2014 bertempat di Aula BDK Manado. Tiap tiap BDK menyelenggarakan yudisium pada tanggal berbeda, tergantung dari kebijakan panitia penyelenggaranya. 


Ada yang menarik dengan Wisuda BDK Manado Tahun 2014. Ini merupakan kali pertama wisuda BDK Manado dilakukan di Kampus STAN Bintaro. Biasanya untuk BDK Manado tahun-tahun sebelumnya, wisuda dilaksanakan di daerah Manado sendiri. Pada waktu itu wisuda sudah diputuskan oleh Kepala Balai Bapak Sahminan Zega agar dilaksanakan di Manado saja. Namun sebagaian besar mahasiswa (99%) menginginkan agar wisuda dilakukan di STAN Bintaro dikarenakan ada ajakan dari panitia pusat. Akhirnya dilakukanlah poling pendapat, dan benar saja hasil dari poling sudah bisa ditebak. hehehe.

Selepas Yudisium, kami diberikan waktu beristirahat beberapa minggu sebelum wisuda sambil mempersiapkan keperluan wisuda seperti mengirimkan data ukuran Toga, berapa banyak pendamping yang akan dibawa (maksimal 2 orang), dll. Pengambilan toga sendiri dijadwalkan pada 26 - 28 Oktober 2014 bertempat di Student Center STAN. Dalam pengambilan Toga kita diwajibkan membawa KTM (Kartu Tanda Mahasiswa). Pada pengambilan toga tersebut kita akan mendapat atribut berupa:
  1. Toga
  2. Topi
  3. Slebber
  4. Liontin 
  5. Undangan Wisuda
Tanggal 29 Oktober 2014 adalah hari H pelaksanaan. Wisuda dibagi menjadi 2 kloter sesuai spesialiasi Prodip 1. Untuk kloter pertama yaitu spesialisasi Pajak (lupa jam berapa. Kemungkinan antara jam 8, 9, atau 10 pagi). Kloter kedua untuk spesalisasi Kepabeanan dan Cukai sekitar pukul 1 siang. Sebelum masuk ke dalam lokasi wisuda (Student Center), kita diwajibkan untuk melakukan registrasi di pintu masuk terlebih dahulu. Registrasi ini dilakukan sesuai dengan lokasi pendidikan masing-masing. 
registrasi wisuda

Dari 11 lokasi pendidikan, yang melakukan Wisuda bersama di STAN Bintaro hanyalah STAN Pusat, BDK Pekanbaru, BDK Pontianak, BDK Makassar, BDK Palembang, BDK Manado, dan BDK Cimahi. Sedangkan sisanya melakukan wisuda sendiri di daerah masing-masing. Saat memasuki ruangan wisuda, kita akan diantar semacam protokoler sambil membawa tongkat yang bertuliskan nama lokasi pendidikan kita. Tempat duduk juga diatur menurut lokasi pendidikan. Prosesi Wisuda sama saja dengan wisuda pada umumnya. Ada pembukaan, sambutan, dll. Untuk para Wisudawan terbaik (peringkat 1 sd. 3 tiap-tiap BDK), nama dan foto mereka ditampilkan di Layar bersamaan dengan disebutkannya nama kedua orang tua kita. Alhamdulillah saya masih masuk Barisan Terdepan di BDK Manado. hehehe.






Prosesi Wisuda selesai sekitar pukul 4 sore. Selepas wisuda, para wisudawan langsung berhamburan keluar dengan orang tua mereka untuk mengabadikan momen-momen yang sangat sakral tersebut. Pada tanggal 29 Oktober 2014 resmilah kami disebut sebagai alumni Sekolah Tinggi Akuntansi Negara. Masih banyak target kedepannya yang kami semua rencanakan. InsyaAllah dikabulkan dan diberikan kemudahan oleh Allah, Amin.

Comments

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. Selamat menunaikan tugas dek mengabdi bagi bangsa dan negara, serta berguna bagi agama dan orang tua, semoga sukses dalam pengabdian dan kehidupan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima Kasih banyak Bang Zega untuk semua ilmu dan motivasinya kepada kami semua.

      Delete
  3. wah keren tulisannya dek jadi ingat semua kenangan kita di manado

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING