KEJAHATAN SOSIAL : DISKRIMINASI


Diskriminasi adalah perlakuan yang sifatnya membeda-bedakan antara sesame warga karena pengaruh keturunan, suku, warna kulit, agama. Perlakuan yang mendiskriminasi adalah diskriminatif. Diskriminasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap invidu tertentu, dimana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik  yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat. Ini disebabkan karena kecenderungan manusia untuk membeda-bedakan yang lain.
Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karektiristik suku, antar golongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karakteristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi.
Diskriminasi sering ditemui pada kehidupan sehari-hari. Sering kali terjadi di sekolahan, lingkungan masyarakat, pergaulan sehari-hari dan masih banyak lagi. Diskriminasi timbul sebagai jawaban akan kenekaragaman di dunia. 

DISKRIMINASI LANGSUNG
Diskriminasi langsung terjadi ketika seseorang, kelompok, instansi ataupun golongan tertentu melakukan perlakuan yang tidak adil secara langsung di lapangan. Diskriminasi langsung ini terjadi karena ada kecemburuan social, ketidaksenangan, maupun sentiment-sentimen tertentu yang mempengaruhi seseorang, kelompok, instansi ataupun golongan tertentu untuk melakukan diskriminiasi.

DISKRIMINASI TAK LANGSUNG
Diskriminasi tidak langsung ketika seseorang tidak mendapat diskriminasi secara langsung, namun dia secara tidak langsung, dia terdiskriminasi oleh suasana, aturan maupun system yang membatasi ruang geraknya, dan mendapat perlakuan yang tidak adil.

PENYEBAB DISKRIMINASI
  •        Perbedaan pandangan, keyakinan, keturunan, suku dll
  •       Kecemburuan sosial
  •       Ketidaksenangan
  •       Budaya

DAMPAK DARI DISKRIMINASI
  •             Membuat renggang suatu hubungan
  •       Memicu terjadinya konflik
  •       Dapat membuat orang trauma
  •       Dapat memunculkan sentiment negative
  •       Membuat seseorang terkucilkan
  •       Melanggar HAM
  •       Dapat memecah masyarakat ke dalam kelompok-kelompok





Diskriminasi akan selalu ada dari masa ke masa. Menjadi tugas kita sebagai orang yang memiliki pengetahuan dan kedewasaan untuk memerangi hal tersebut. Diskriminasi tidak bisa dihapus dari muka bumi. Dikarenakan diskriminasi lahir dan berakar dari perbedaan. Sementara Perbedaan itu sendiri akan selalu mewarnai kehidupan dunia dari masa ke masa. Yang bisa dilakukan adalah belajar menghargai perbedaan. Perbedaan hadir bukan untuk dipermasalahkan, tetapi perbedaan hadir untuk dilestarikan dan jaga. Kita tidak bisa seenaknya mengumandangkan slogan anti diskriminasi sebelum kita merubah cara pandang kita terhadap perbedaan itu sendiri.



Semoga bermanfaat.
Regards.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING