DINAMIKA PRODIP 1 STAN MANADO 2013


Hallo sobat, saya akan menceritakan pengalaman saya 3 hari Dinamika Prodip 1 STAN. Sebelumnya pada tau gak apa itu DINAMIKA STAN?
DINAMIKA STAN adalah ospeknya STAN. Kepanjangannya adalah Studi Perdana Memasuki Kampus. Nah kebetulan saya dapat lokasi pendidikannya di manado, jadi kita DINAMIKA nya di Balai Diklat Keuangan Manado. Sebelumnya saya telah diterima di prodip 1 Kepabeanan dan cukai. Total kita yang dari manado cuman 5 orang, selebihnya dari pulau jawa yang mendominasi. Jika di gabung, jumlah mahasiswa yang pendidikannya di manado adalah 196 orang. 


PRA-DINAMIKA
Pra dinamika berlangsung di hari senin tanggal 23 september 2013. Di pra dinamika ini, kita disuruh berkumpul di BDK manado jam 7 pagi. Seragamnya tidak ada ketentuan, tapi yang pasti harus berkemeja dan bersepatu. Tapi banyak juga waktu itu yang pake kemeja putih polos dan celana hitam kain.
Pagi itu, kita di arahkan berbaris di lapangan. Setelah itu kita di kasih beberapa arahan seputaran dinamika besoknya. Setelah itu kita semua di bagi menjadi 8 kelompok. Dalam kelompok ini, tidak ada bedanya yang mana pajak dan bea cukai. Semuanya sama saja, karena pembagian kelompoknya dilakukan secara random. Saya sendiri dapat kelompok 4. Lalu, masing-masing kelompok kita disuruh untuk memilih ketua kelompok masing-masing. Setelah itu, kita disuruh pulang dan mempersiapkan diri untuk dinamika besoknya. Kita juga diberi tugas per kelompok. Tugasnya membuat id card, tapi 1 kelompok id-nya harus sama.

DINAMIKA HARI PERTAMA
Selasa, 24 september 2013 dimulai dinamika hari pertama. Perlu sobat semua tahu, bahwa dinamika STAN tidak seperti ospek universitas lain. Disini tidak ada yang namanya perploncoan. Disini kita dilatih mengenai kedisiplinan, rasa bertanggung jawab, kebersamaan, kerja sama, dll. Tapi dinamika hari pertama kita dibuka dengan kegiatan push-up massal. Ini diakibatkan karena banyak dari kita yang tidak memberikan salam kepada pegawai lain ketika berpapasan. Push-up nya gak banyak kok, cuman 10 kali doang. Buat teman-teman yang gak mampu push-up, tenang aja karena ada keringanan, tapi hukumannya diganti dengan yang lain.
Di dinamika hari pertama, kita disuruh buat yel-yel per kelompok, dapat berbagai materi antara lain tentang disiplin, tentang kegiatan-kegiatan selama kuliah, apa saja yang bisa membuat seseorang DO, dll. Di hari pertama ini, kita mulai berkenalan dengan teman-teman dari daerah lain. Maklum saja, mahasiswa STAN itu datang dari berbagai daerah. Ada teman-teman ku dari Surabaya, jogja, malang, sidoarjo, tegal, bali, palu, dll. Semuanya datang di sini untuk satu tujuan yang sama. Ternyata di dinamika hari pertama ini, saya menemukan sesuatu yang istimewa di STAN. Beberapa teman-teman saya sudah kuliah di berbagai univ favorit di negeri ini, seperti UI, UGM, UNPAD, UNAIR, Brawijaya, ITS, dll semuanya memilih hijrah ke STAN. ini menandakan bahwa STAN sangat luar biasa dan prestisius.
Kegiatan di hari pertama berlangsung sampai jam 5 sore. Setelah itu kita di suruh kembali ke rumah/kost masing-masing. Kita juga dapet tugas dari para senior. Tugasnya itu menurutku aneh banget. Kita disuruh menulis nama-nama ruman makan dan tempat ibadah di sekitaran daerah kampus, dan kita disuruh menggambar map/peta dari rumah/kost kita menuju ke BDK dengan 1 jalan utama dan 4 jalan alternative. Aneh memang, tapi kalau dikerjakan ternyata gak susah.

DINAMIKA HARI KEDUA
Dinamika hari kedua ini, kita disuruh pake kaos putih polos, celana training dan sepatu warna gelap. Untuk hari kedua ini, kegiatan paling banyak dilakukan di lapangan. Berbagai materi mental, fisik dan disiplin diberikan di hari kedua ini. Selain itu kita juga diajari tata upacara sipil #bukanmiliter. Gak ada hal yang spesial di hari kedua ini. Semuanya mengalir begitu aja. Kita selesai kegiatan jam 6 sore, dan lagi-lagi dapat tugas dari panitia Dinamika. Tugasnya yang kedua ini sih tidak terlalu aneh-aneh juga. Kita cuman disuruh nulis nama-nama teman sekelompok kita dengan 10 kalimat yang mendeskripsikan karakter mereka masing-masing. Buset! Kelompokku ada 25 orang anak, dan kita harus tulis karakter mereka masing-masing dalam minimal 10 kalimat. Tugas yang kedua adalah menuliskan kesalahan dan hutang-hutang apa saja yang kita miliki kepada orang tua, minimal 1 kertas folio. Gara-gara tugas ini, kita sekost sampe tidur larut banget. Dilanjutkan dengan tugas menonton berita olahraga jam 2 pagi -_-“ , dan harus ditulis apa aja point-point yang disampaikan dalam berita tersebut.

DINAMIKA HARI KETIGA
Hari ketiga merupakan hari penutupan dari keseluruhan rangkaian DINAMIKA PRODIP 1 STAN Manado. Hari ketiga ini enak banget, kegiatannya kebanyakan duduk. Mengenai tugas yang hutang-hutang kepada orang tua, ada punya temenku dia tulis hutang-hutang tersebut ke dalam angka dan dirupiahkan, hahahahaha kocak bener temanku itu. Di hari ketiga ini juga kita dikasih renungan sama panitia. Renungannya berupa kita diandaikan menjadi malaikat pencabut nyawa, terus disuruh menulis 15 nama orang yang paling penting dalam hidup kita. Setelah itu kita akan disuruh mencoret satu persatu nama tersebut hingga hanya tersisa 3 nama. Setelah itu disuruh coret lagi 1 nama. Dan yang terakhir disuruh coret lagi 1 nama terakhir hingga hanya menyisakan satu nama, yaitu orang yang paling berjasa dan berharga dalam hidup kita. Coretan tersebut diandaikan kita disuruh mencabut nyawa orang yang kita coret tersebut. Banyak temen-temenku yang sampe nangiss. Gak tahan cui harunyaa. Bahkan ada yang lebih ekstrim lagi, ada beberapa orang yang gak mau nyoret 3 nama terakhir bahkan setelah di paksa panitia. Akhirnya mereka disuruh maju kedepan dan disuruh menelpon orang tua mereka agar meminta maaf atas segala kesalahan mereka di depan barisan. Moment itulah yang sangat mengharukan, aku sampe meneteskan air mata juga waktu itu. Kegiatan kita berakhir jam 6 sore setelah pekan dinamika ditutup. Memang seru sih acaranya, dari dinamika tersebut kita belajar untuk saling berbagi, saling hormat,  senasib sepenanggungan, dan masih banyak lagi. Kita semua yang awalnya saling tidak mengenal satu sama lain karena berasal jawa, Sulawesi, sumatera, bali, dll dipersatukan disini dalam kehangatan, keragaman dalam indahnya kebersamaan.

Terima kasih

Comments

  1. Replies
    1. Iya silahkan. Terima Kasih ya sudah berkunjung

      Delete
  2. bahan bahan yg perlu disiapin buat ospeknya apa aja kak kirakira?

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING