MENGENAL PRIBADI GANDA



Di postingan kali ini, akan dibahas tentang Kepribadian Ganda. Tau gak? Atau mungkin sekedar pernah dengar tentang kepribadian ganda? Sebelumnya kita akan mencari tahu pengertian dari kepribadian ganda itu sendiri.




ISTILAH PRIBADI / KEPRIBADIAN GANDA
Nah, pribadi/kepribadian ganda ini nama istilahnya adalah Dissociative identity disorder (DID). Tapi sebenarnya ini adalah istilah yang baru. Oya, untuk sekedar informasi nih, pribadi ganda (DID) ini kebanyakan disebut sebagai gangguan. Sebenarnya ada banyak nama atau istilah untuk DID ini. Antara lain Split Personality (Pemecahan Kepribadian) dan alter ego. Tapi semuanya menjurus kepada hal yang sama. Secara umum, pribadi ganda ini adalah suatu keadaan dimana seseorang terganggu secara psikologisnya yang mengakibatkan pribadinya terpecah dan membentuk pribadi lain di dalam diri seseorang.

PENYEBAB MUNCUL PRIBADI GANDA
Gangguan pribadi ganda ini merupakan masalah psikologis yang bisa diakibatkan karena trauma hebat, ataupun kejadian extreme yang mungkin sulit terlupakan sehingga mengakibatkan tercetaknya pribadi yang baru dengan pemikiran, latar belakang dan keyakinan berbeda dengan pribadi aslinya. Seseorang dengan pribadi ganda ada yang sampai memiliki kepribadian lebih dari 2. Misalnya di masa kecil seseorang mengalami trauma hebat yang sulit terlupakan seperti sering di pukul, dibuang ataupun diusir oleh orang tuanya, dikucilkan dari pergaulan dan masyarakat, menyaksikan sesuatu yang meninggalkan bekas perih yang mendalam, dll.


TANDA – TANDA ATAU GEJALA PEMILIK KEPRIBADIAN GANDA
Seperti yang sudah dikatakan di atas, bahwa pemilik kepribadian ganda memiliki 2 atau lebih pribadi dalam dirinya yang bertentangan dengan pribadi utama ataupun pribadi yang asli baik dari latar belakang, keyakinan, pendidikan, pemikiran dll. Dan setiap pribadi-pribadi tadi pasti pernah atau akan keluar suatu saat. Di saat itu, orang tersebut akan berubah dari segi pemikiran, sifat dan perilaku karena sudah tidak sama dengan pribadi yang asli. Tanda dan gejalanya antara lain :
1.       Merasakan suatu perasaan aneh seperti sedang melihat dirinya sendiri dan seperti sedang bermimpi walaupun kenyataannya tidak
2.       Seringkali terkena amnesia
3.       Kadang kala merasa depresi dan stress
4.       Tidak sadar akan adanya pribadi yang lain dalam dirinya
5.       Sering kali mengalami situasi tidak biasa seperti adanya bisikan-bisikan aneh untuk melakukan sesuatu
6.       Sering kali tidak sadar dan tidak mengetahui apa yang terjadi dan yang telah dilakukannya
7.       Tidak jelas. Ini dikarenakan sering terbangun dengan kepribadian lain beserta sifat dan perilaku yang dimilikinya. Sifat dan perilaku ini akan hilang ketika kepribadian ini terganti dengan pribadi yang lainnya yang diikuti dengan pergantian sifat dan kelakuan yang baru.


PENGOBATAN DAN PEMULIHAN UNTUK GANGGUAN PRIBADI GANDA
Pribadi ganda ini merupakan gangguan psikologis. Sehingga untuk penanganannya diperlukan ahli psikologi dalam hal ini para psikiater dan ahli lainnya. Berikut ini salah satu bentuk pengobatan untuk pribadi ganda seperti dikutip dari Wikipedia.
Beberapa gejala gangguan identitas disosiatif mungkin akan muncul dan hilang secara fluktuatif, namun gangguannya sendiri akan terus ada. Pengobatan untuk gangguan ini terutama terdiri dari psikoterapi dan hipnosis.
Terapis berupaya mengungkap dan menemukan semua kepribadian yang terdapat dalam diri penderita dengan proses hipnosis. Pada saat terhipnosis dan individu masuk ke dalam kondisi ambang, terapis dapat memanggil/bertemu dengan kepribadian-kepribadian lainnya. Memahami peran dan fungsi masing-masing kepribadian. Terapis akan berusaha untuk membangun hubungan yang baik dan efektif dengan setiap kepribadian dan berusaha untuk menjadi sosok yang dapat dipercaya dan memberikan perlindungan. Setelah mengetahui, memahami, dan memiliki hubungan yang baik dengan setiap kepribadian, proses selanjutnya adalah membuat kepribadian aslinya untuk bisa menerima dan membuka diri kepada kepribadian lainnya. Pada kebanyakan kasus yang terjadi kepribadian asli tidaklah sadar akan keberadaan sosok lain dalam dirinya. Namun, kepribadian-kepribadian lainnya sadar akan keberadaan sosok asli.
Lazimnya tujuan akhir terapi adalah untuk mengintegrasikan suatu kepribadian dimana hal ini berhasil untuk salah satu kasus. Prosesnya berlangsung dengan menghipnosis individu untuk bisa menerima dan bersatu kembali dengan kepribadian lainnya. Proses ini tidak berjalan dengan mudah, karena setelah penyatuan tersebut individu biasanya akan merasakan kembali hal-hal yang dialami kepribadian lainnya, seperti pengalaman disakiti, dilecehkan, dan juga percobaan bunuh diri. Kembalinya ingatan tersebut membuat masalah baru bagi individu, dan membutuhkan penanganan lainnya. Namun, hal ini tidak berhasil untuk beberapa kasus. Banyak kasus berakhir tanpa penyembuhan. Obat-obatan medis seperti anti-depresan dan anti-psikotik juga kadang-kadang digunakan, untuk mengendalikan pikiran dan perasaan individu agar tetap pada kondisi normal

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING