GRAFFITI


Halloo, nah teman-teman, kali ini saya mau ngebahas tentang graffiti nih. Sebelumnya udah pada tau belum apaan tu graffiti? GRAFITI yaa bukan GRAVITASI. Graffiti itu yang sering kita liat di dinding-dinding, di gerbong kereta api juga, yang berbentuk-bentuk seperti coretan-coretan, tulisan, symbol, ataupun hanya gambar. Nah temen-temen udah ada bayangankan tentang graffiti?



Sebenarnya banyak sih pengertian dari graffiti. Tergantung cara kita mendefinisikannya. Tapi saya kutip definisi graffiti dari Wikipedia nih “Grafiti (juga dieja graffity atau graffiti) adalah coretan-coretan pada dinding yang menggunakan komposisi warna, garis, bentuk, dan volume untuk menuliskan kata, simbol, atau kalimat tertentu”. Alat yang digunakan pada masa kini biasanya cat semprot kaleng. Sebelum cat semprot tersedia, grafiti umumnya dibuat dengan sapuan cat menggunakan kuas atau kapur.
Temen-temen, ternyata graffiti ini udah ada sejak jaman dulu loh. Jadi seni graffiti ini udah tua usianya. Oke kita bahas singkat graffiti-grafiti pada jaman dulu ya. grafiti ternyata udah dikenal di jaman purba lohh. Masa sih? Bener teman-teman, zaman dulu manusia purba memiliki kebiasaan untuk menulis di dinding-dinding gua gitu. Mereka menggambar tuh pake batu, kayu, kapak jaman dulu dll (karena belum ada pabrik spidol dulu). Katanya nih, apa yang mereka tulis di dinding itu gunanya sebagai sarana spiritual agar berburu semakin semangat (kayak pemandu soraknya manusia purba ya).
Ada juga nih temen-temen, graffiti di zaman mesir kuno. Kalo kita ke daerah sana terus mengunjungi situs-situs bersejarah disana, kita bakalan ngelihat tulisan-tulisan kuno di dinding-dinding gitu. Pernah lihat kan seperti di film-film gitu. Di dinding-dinding piramida juga ada tuh. Graffiti disana biasanya menceritakan tentang dewa-dewa, kehidupan Fir’Aun dll. Ada lagi nih graffiti pada jaman romawi. Di zaman romawi, graffiti digunakan untuk menunjukkan ketidakpuasan pada pemerintah, kemudian graffiti disana juga digunakan untuk mendiskreditkan pemeluk Kristen yang pada masa itu dilarang oleh kaisar roma. Oke,itu dia beberapa graffiti pada zaman dulu. Ternyata graffiti ancient juga ya.
Kalau tadi beberapa contoh graffiti zaman dulu, sekarang kita coba lihat graffiti zaman modern nih temen-temen. Sekarang ini, banyak kita jumpai graffiti-grafiti disekitar kita. Seperti di gerbong kereta api, di dinding-dinding jermbatan juga kadang-kadang ada tuh. Di zaman modern ini, graffiti dibuat karena adanya ketidakpuasan terhadap keadaan social yang mereka alami, kemudian adanya keterbatasan mengekspresikan kegiatan seni atau tidak adanya wadah penyalur membuat orang menggunaan sarana sederhana yang hamper tersedia diseluruh kota (dinding), ada juga orang yang membuat graffiti karena gak ada kerjaan, bahkan seni graffiti ini juga digunakan oleh sekelompok orang seperti geng dll untuk menunjukkan eksistensi mereka.
FUNGSI GRAFITI
Nah, sebagai salah satu dari ekspresi seni, graffiti juga memiliki kegunaan loh teman-teman. Apa aja ya?
Dikutip dari Wikipedia, ada beberapa fungsi dari graffiti.
1.       Bahasa rahasia kelompok tertentu.
2.       Sarana ekspresi ketidakpuasan terhadap keadaan social
3.       Sarana pemberontakan
4.       Sarana ekspresi ketakutan terhadap kondisi politik dan social
5.       Sarana ekspresi seni
6.       Alat propaganda
7.       Sebagai media untuk meningkatkan popularitas, memperkenalkan brand, dipakai juga untuk ketenaran seseorang.
JENIS-JENIS GRAFITI
Graffiti berdasarkan pola dan bentuk serta tujuan pembuatannya terdiri dari berbagai macam. Diantaranya :
1.       GANG GRAFITI



Yaitu graffiti yang dibuat, didesign oleh para anggota gang/orang lain untuk tujuan gang itu sendiri. Bisa juga untuk menandai daerah kekuasaan mereka, bahasa rahasia antar gang, alat provokasi, propaganda dll.
2.       TAGGING GRAFITI


Yaitu jenis graffiti yang sering dipakai untuk ketenaran seseorang atau kelompok. Semakin banyak graffiti jenis ini bertebaran, maka makin terkenallah nama di dalam graffiti tersebut. Karena itu grafiti jenis ini memerlukan tagging atau tanda tangan dari pembuat atau bomber-nya. Wah ini kayak mau bikin orang jadi terkenal gitu. silahkan dicoba siapa yang mau terkenal mendadak.
3.       BUBBLE

4.       WILD STYLE



5.       STENCIL


6.       ROLL UP / BLOCKBUSTER

7.       STIKER

8.       THROW UP


9.       3D





10.   MURAL



Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING