Kenapa Ya Susah Sekali Untuk Fokus?

Photo by Bahaa A. Shawqi: https://www.pexels.com/photo/man-s-face-583437/

Kenapa ya makin kesini kita kayaknya makin susahh gitu buat fokus ngerjain sesuatu? Selalu ada aja gangguannya. 

Susah fokus tidak sepenuhnya adalah kesalahan kita, tapi memang kita hidup di dalam tren tersebut by design.

Di tahun 2013 top 50 trend di twitter rata-rata bertahan sekitar 17.5 jam sebelum orang-orang mulai bosen dan pindah ke topik lain. 3 tahun kemudian turun hanya menjadi 11.9 jam. Dengan semakin luas penggunaan internet dan semakin mudah mengakses informasi, ternyata behaviour manusia kita menjadi tidak sabaran dan semakin tidak tertarik untuk mendalami sebuah issue.

Informasi yang serba cepat karena akselerasi internet dan sosial media membuat kita seperti terkena badai informasi yaitu dibanjiri berbagai informasi muali dari yang receh, penting, berita, gosip, dll. Ingin menyerap semua informasi tadi ke dalam otak kita setiap hari ibarat makan fast food tiap hari tapi pengen badan bagus, hmmmmm sebuah hal yang hampir ga mungkin. Hal ini karena ukuran dan kapasitas otak manusia ga ada perubahan signifikan dalam 40 ribu tahun.

Gangguan Tidur

Menurut National Sleep Foundation dalam 100 tahun terakhir angka tidur manusia rata-rata turun 20% dan terus turun. 

Bahkan CEO netflix di tahun 2017 pernah bilang kalau tujuan konten-konten dan film mereka adalah supaya kita tetap nonton saat malam hari. Untuk sekedar hiburan tentu saja ga masalah. Tapi kalau udah ngomongin bisnis, beda lagi. 

Seberapa banyak waktu yang kita habiskan untuk mengakses platform mereka maka semakin banyak uang yang mereka dapatkan dari pengiklan. Akhirnya dari yang sekedar entertainment,berubah menjadi eksploitasi secara psikologis. 

Jangan kaget, hal ini dipakai oleh semua perusahaan teknologi di dunia. Google, Meta, Twitter (X), Youtube, Tiktok, dll. Tidak ada yang benar-benar gratis. 

Kita menggunakan layanan mereka terlihat seperti gratis tapi sebenarnya kita bayar dengan atensi yang kita berikan dalam bentuk screen time dan delay sleep. Makanya sangat berat untuk take a break dari layanan ini karena di perusahaan mereka ribuan enginerr dibayar mahal agar membuat kita balik lagi balik lagi ke platform yang mereka bikin. 

Kurang tidur sangat-sangat berpengaruh pada tingkat fokus kita keesokan harinya. Itu sebabnya di mata perusahaan tersebut kita tidak disebut sebagai customer tapi, user.

You’re busy all the time, yet you struggle to actually get anything done.

Multitasking Bullshit

Jangan percaya pada multitasking. Pada dasarnya kita gabisa multitasking. Mungkin kamu bisa maksain tapi hasilnya akan jauh dari kata optimal. 

Kenapa multitasking sebenarnya buruk? 

karena saat kita melakukannya, kita tidak bener2 ngelakuin banyak hal secara bersamaan karena kemampuan otak manusia emang ga support. Yang sebenarnya terjadi adalah otak kita mengganti fokus dari satu hal ke hal lain dengan sangat cepat ibarat saklar yang terus-terus dipencet. Dan sayangnya tiap pergantian fokus dengan cepat ini akan ada cost nya yaitu otak kita perlu kalibrasi ulang. Hasilnya adalah penurunan kemampuan.

Jauh lebih baik ketika kita mengerjakan satu hal pada satu waktu. Fokuslah untuk ngerjain sesuatu dengan deep focus selama 60 menit. Mirip dengan metode Pomodoro. Lakukan dengan perlahan dan terstruktur karena hal ini bisa membantu mempertahankan fokus kita. Sebaliknya kecepatan akan menghancurkan fokus. 

Kita tidak bisa lepas dari smartphone, padahal kita tau bahwa itulah adalah sumber distraksi utama. Saat sedang fokus mengerjakan sesuatu kemudian muncul notifikasi maka biasanya fokus akan langsung ambyar. Kita bisa menggunakan mode tertentu (yang terdapat dalam smartphone) misalnya dont disturb.

Hal lain yang bisa kita coba adalah dengan latihan fokus membaca buku. Berapa banyak dari kita yang ga tahan lama-lama baca teks? Hal itu karena kita kurang bisa fokus. Latihan fokus membaca buku sangat bermanfaat karena buku mendorong kita untuk mengkonsumsi suatu informasi secara linier dan progresive ke subjek atau pembahasan yang lebih dalam dibanding kita loncat dari satu potongan info potongan lain seperti yang terdapat dalam sosial media.

Flow

Istilah yang diberikan oleh psikolog Mihaly Csikszentmihalyi. Flow adalah kondisi dimana kita bener-bener deep fokus mengerjakan sesuatu sampai membuat kita tidak sadar dengan keadaan sekitar. Misalnya saat sedang coding, menulis atau biasanya para gamer yang suka tidak sadar waktu, nah itu lah flow. 

Semua orang bisa masuk ke fase flow ini kalau memenuhi beberapa syarat:

  1. Hal yang lo kerjain itu rewarding atau memberikan imbalan. Misalnya pada saat bermain game, lo konsentrasi untuk ngalahin musuh karena abis itu lo finish atau naik level. Nah itu contoh yang rewarding. 
  2. Tugas tersebut harus cukup challengeing yang mengharuskan kita fokus tapi jangan terlalu susah sampe bikin kita mudah menyerah. 
  3. Monotasking, lawan dari multitasking. Fokus sama satu hal pada satu waktu.

Wes we all struggle di jaman sekarang. Intinya jangan ragu untuk mengesampingkan disatraksi elu supaya kerjaan lo beres.

Untuk lebih lengkapnya, kalian bisa baca buku dengan judul Stolen Focus: Why You Can't Pay Attention and How to Think Deeply Again karya Johann Hari.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING