Selain Sekolah, Ini Cara Bikin Anak Menjadi Cerdas

Photo by jonas mohamadi: https://www.pexels.com/photo/boy-running-during-sunset-1416736/

Sebagai orang tua, kita pasti mau punya anak yang pinter kan? Tapi kita tau kalau biaya sekolah itu mahaallllllll banget, apalagi kalau masuk ke sekolah unggulan.

Sekolah itu bukan satu-satunya faktor yang berpengaruh untuk mencerdaskan anak kita. Sebenarnya cara pengasuhan saat anak masih kecil itu ngaruh juga lho.

Karena stimulus-stimulus yang kita kasih ke anak bisa merangsang perkembangan otak mereka. Makanya orang tua DIHARUSKAN banyak berinteraksi dengan anak dan sabar mengajarkan sesuatu. Karena di masa awal pertumbuhan, kecerdasan emosional, sosial dan kognitif linguistik pada anak adalah bekal penting untuk anak di masa depan. Nah apa aja yang bisa kita lakukan sebagai orang tua untuk perkembangan otak anak?

Jangan suka maksa minat anak

Anak jangan suka dipaksa untuk jadi sesuatu sesuai keinginan orang tua, ga boleh. Anak itu harus bebas mencoba banyak peluang. Mereka harus banyak eksplore sampai akhirnya menemukan bidang yang mereka sukai. Intinya kita sebagai orang tua harus paham minat anak. Kemudian tugas kita menyiapkan dan memberikan wadah yang sesuai agar minat tadi bisa terus berkembang

Ajarkan berbagai kosa kata dan kenalkan pada emosi.

Namanya anak-anak kan pasti banyak belum paham arti dari berbagai kata. Ajari anak agar perbendaharaan kata mereka semakin banyak. Yang tidak kalah penting adalah kita mengenalkan berbagai macam emosi. Apakah lagi ngerasa sedih, marah, bingung atau senang. Supaya anak paham kalau dia itu sedang merasakan apa dalam dirinya.

Latih anak berpikir kritis

Kalau mau anak kita bisa berpikir kritis, rajin-rajin lah ngejelasin sesuatu ke anak. Misalnya lagi jalan terus ketemu sesuatu yang asing, pancing rasa ingin tau anak dan ajak ngobrol. Tapi abis itu siap-siap ya anak bakal cerewet nanya terus hhahaha

Paling bisa meniru 

Anak itu paling bisa meniru, yang paling dekat pasti dari orang tua kan? Kalau mau mau anak rajin ibadah, orang tua dong harus contohin. Mau anak rajin membaca, orang tua juga contohin. Masa orang tuanya males tapi mau anaknya rajin hehehehe.

Comments

Popular posts from this blog

TEKNIK DAN CARA MENJADI PENYIAR RADIO

SEPUTARAN BODY PAINTING